Perencanaan dan Strategi Menjual di Internet

Sebelum bepergian atau liburan ke luar kota selama beberapa hari, tentu Anda merencanakan terlebih dahulu tempat-tempat yang akan dikunjungi di kota tersebut. Anda akan menyusun jadwal yang baik sehingga waktu Anda tidak tebuang sia-sia hanya untuk kebingungan menentukan tempat yang akan dikunjungi. Begitu juga sebelum in action dalam penjualan yang sesungguhnya, Anda harus terlebih dahulu melakukan perencanaan yang matang. Sehingga prosentase keberhasilan Anda akan mencapai titik yang optimal.

Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan dalam perencanaan Anda, yaitu:

Target

Anda bisa mulai menyusun target penjualan yang harus dicapai dalam satu minggu, satu bulan, tiga bulan, enam bulan, dua belas bulan, atau bahkan lebih. Misalnya Anda memiliki target dalam satu minggu ke depan harus ada tujuh penjualan. Berarti dalam satu hari harus terjadi satu transaksi penjualan. Selanjutnya Anda bisa menyusun strategi penjualan, bagaimana cara Anda promosi, dsb. Aplikasi promosi dapat Anda lihat setelah ini.

Demikian pula bila Anda menentukan target penjualan dlam bulanan, tiga bulan, enam bulan, dsb. Hasil yang Anda capai harus selalu dievaluasi dan diadakan perbaikan. Bila tercapai, maka tingkatkan target yang Anda buat. Misalnya jika Anda bisa mendapatkan satu penjualan dalam sehari, berarti akan ada tiga puluh penjualan dalam satu bulan. Dan itu berarti anda harus membuat target yang lebih, misalnya target lima puluh penjualan dalam satu bulan. Namun bila target Anda belum tercapai, jangan kurangi target Anda. Anda harus mengevaluasi dan mencoba strategi baru agar target Anda bisa tercapai.

Goal

Yang saya maksud goal bukan tercapainya target atau tujuan pencapaian penjualan Anda, tetapi lebih mendalam lagi kepada sesuatu yang nampaknya sulit atau tidak mungkin untuk dicapai yang harus menjadi goal Anda. Apabila Anda sudah menentukan tujuan yang jelas dari penjualan Anda, target yang telah Anda rencanakan dengan baik lalu terlintas dalam pikiran Anda bahwa itu semua sepertinya tidak masuk akal, itulah goal Anda. Goal memang sering tidak masuk akal, tapi harus dan bisa dicapai.

Untuk bisa mencapai sebuah goal, maka kembali lagi saya tegaskan seseorang harus memiliki tujuan yang jelas dan target yang terencana dengan baik. Atau dengan kata lain goal adalah akhir dari sebuah tujuan. Saya akan berikan contoh agar Anda lebih mengerti. Seorang bernama Tony Christiansen kehilangan kedua kakinya pada usia sembilan tahun. Dia hanya bisa duduk di atas kursi roda dan secara logika kegiatannya menjadi terbatas. Tetapi tahukah anda, Tony Christiansen saat ini adalah seorang surf lifeguard, juara renang, pemegang Dan 3 tekwondo, juara speedway dan balap motor, atlet peraih medali emas internasional, pilot besertifikasi, pebisnis sukses, suami, dan ayah tiga anak. Bahkan baru-baru ini, dia menjadi pembicara inspirasional berskala internasional dan bintang film Korea, serta yang paling fantastis adalah mendaki Gunung Kilimanjaro. Luar biasa bukan? Semua yang dia lakukan dan dapatkan bukan saja sesuatu yang kelihatannya tidak mungkin dicapai oleh orang yang memiliki kekurangan fisik, bahkan orang yang memiliki kelengkapan fisikpun belum tentu bisa mencapainya.

Saya akan berikan sebuah contoh lagi untuk Anda. Ada seorang wanita berusia sembilan puluhan selalu ingin bermain instrument musik. Pada usia delapan puluh delapan tahun, ia mulai belajar flute. Tahukah anda, berapa banyak tiupan yang diperlukan untuk memainkan alat musik itu? Tetapi hal itu tidak membuatnya menyerah, meskipun ia tidak dapat membaca not dan tangannya rusak karena penyakit artritis. Kesembiraan, semangat muda, sikap positifnya, tujuannya yang jelas memberi kepercayaan pada dirinya untuk melakukan hal itu, dan dia berhasil.

Sesuatu yang nampaknya tidak mungkin Anda capai, yaitu goal Anda akan berbalik menjadi sangat mungkin ketika Anda memiliki alasan yang sangat kuat untuk mewujudkannya. Keberhasilan penjualan Anda di internet juga sangat dipengaruhi goal yang anda buat.

Perhatikan dan ingatlah apa yang menjadi goal penjualan Anda.
  • Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan untuk mencapai kesuksesan penjualan. Anda hanya perlu menginginkannya dengan sangat.
  • Hidup menawarkan kesempatan. Tidak ada kata terlambat bagi kesuksesan penjualan Anda di internet. Tidak ada kata terlambat untuk mendapatkan ide bagus dalam menjalankan penjualan Anda, dan untuk mendapatkan sebuah goal dan mengubahnya menjadi kenyataan.
Ibarat sebuah pesawat tempur, Anda telah mendapatkan sebuah pesawat yang terbaik, strategi, bahan bakar terbaik, dan semua persiapan tempur telah Anda lakukan. Sekarang saatnya Anda membawa peluru penjualan Anda untuk menciptakan sebuah kemenangan yang fantastis.



0 komentar:

Awards

Award dari SeptianPhotobucket
Award dari Judith dan LylaPhotobucket
Award dari Lyla dan MemmiPhotobucket
Tag Persahabatan dari Lyla dan JudithPhotobucket
Award dari HellenPhotobucket
Award dari GratciaPhotobucket
Award dari Sari RapetPhotobucket
Award dari EndonezyaPhotobucket
Award dari Astri AstronotPhotobucket

Friend's Banner

  © Blogger template 'Neuronic' by Kios Info 2008

Back to TOP