Web Designer

Mengapa Web Designer?

Apakah Anda sering browsing di internet? Perusahaan besar membuat website. Ratusan bahkan ribuan toko online tersebar di internet. Bahkan program-program affiliasi, arisan online, pemerintahan dan lain-lainnya memiliki juga website sendiri. Hal tersebut menjadikan lahan subur bagi para programer dan web designer. Pertumbuhan situs-situs baru makin menjamur. Apalagi dengan adanya blog yang juga terasa akrab bagi sebagian besar netter.

Kabar baiknya perkembangan ini tidak akan berhenti selama “hayat masih di kandung badan”. Dengan kata lain web designer dan programer selalu dibutuhkan. Apakah Anda juga ingin menggelutinya? Sebagian orang menjawab “tidak” karena membayangkan sulitnya dan lamanya waktu yang terbuang untuk mempelajarinya. Sekedar masukan, di waktu yang akan datang bidang usaha ini sangat menguntungkan dan dicari banyak orang. Atau Anda akan menjawab “Ya”? Mari kita mulai.

Memulai Usaha Web Designer

Untuk memulai menjadi web designer, tentu saja Anda harus belajar terlebih dulu. Jika Anda seorang yang awam terhadap bahasa pemrograman tentu akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk belajar. Untuk membangkitkan semangat belajar, maka ingatlah apa yang saya sudah tulis di atas, yaitu “di waktu yang akan datang bidang usaha ini sangat menguntungkan dan dicari banyak orang”.

Ada banyak cara untuk belajar. Ada ribuan cara untuk menguasai suatu ilmu. Untuk bisa menjadi web disigner bisa dipelajari melalui teman, internet, buku, kursus atau kuliah. Meskipun Anda tidak belajar formal di sekolah, kampus atau kursus, saya yakinkan Anda dapat menjadi seorang web designer yang hebat. Seperti kata sahabat saya, bahwa teman dan internet sangat mempengaruhi pengembangannya. Sering berlatih menjadi salah satu faktor keberhasilan di bidang ini.

Seorang web designer minimal bisa menguasai program pengolah grafis, HTML / XHTML, dan CSS. Lebih baik bila Anda juga menguasai XML, PHP, ASP, Java Script, AJAX. Untuk saat ini, berdasarkan pengalaman sahabat saya, web designer juga harus menguasai pembuatan tableless layout dan juga programer. Saran saya untuk Anda, segera kuasailah dasar-dasarnya dari buku-buku yang banyak beredar di toko buku. Investasikan hidup Anda dengan membaca banyak buku yang berguna.

Jika sudah mengetahui ilmunya, Anda harus berani mempraktekkannya. Anda bisa mencoba membuat sebuah website milik Anda pribadi. Atau Anda bisa membeli sebuah script website sederhana lewat internet lalu diutak – atik sendiri. Ini sangat berguna sebagai praktek nyata pembelajaran Anda. Hanya diperlukan software macromedia, yellow tip, dan FTP untuk melihat hasilnya tanpa harus online di internet. Dari pengalaman saya yang awaknya awam tentang bahasa pemrograman, sekarang sudah sedikit mengerti kode-kode dan aplikasinya.

Selain itu cobalah menawarkan jasa gratis kepada Anda sebagai percobaan yang lebih besar. Sekalian menguji kemampuan Anda sambil terus mengembangkan diri.Sekali lagi saya ingatkan ini adalah sebuah investasi jangka panjang.

Nilai Plus Apa yang Bisa Anda Berikan di Bidang Usaha Ini?

Mempunyai kemampuan untuk membuat ilustrasi serta animasi Flash adalah nilai plus bagi seorang web designer.
Nilai plus yang lain adalah jangan berhenti mencari ide dan inspirasi baru. Ide—ide kreatif baru dalam design sangat menentukan kelangsungan usaha Anda. Bila Anda merasa sulit mendapatkan inspirasi, silahkan berkunjung ke gallery website seperti CSS Zen Garden dan CSS Beauty.

Yang satu ini sangat dianjurkan bila nantinya Anda sudah memiliki banyak pengalaman di bidang web designer. Seorang web designer harus memiliki portfolio. Portfolio tersebut sangat berguna untuk meyakinkan perusahaan yang akan menggunakan jasa Anda atau calon klien bahwa bahwa Anda memang mampu bekerja dengan baik di bidang web design. Buatlah beberapa design sebagai contoh pilihan.

Berikan layanan yang terbaik bagi klien Anda. Semoga artikel ini berguna dan menginspirasi Anda. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan selagi mau belajar dan berusaha, karena Impossible is Nothing!

0 komentar:

Awards

Award dari SeptianPhotobucket
Award dari Judith dan LylaPhotobucket
Award dari Lyla dan MemmiPhotobucket
Tag Persahabatan dari Lyla dan JudithPhotobucket
Award dari HellenPhotobucket
Award dari GratciaPhotobucket
Award dari Sari RapetPhotobucket
Award dari EndonezyaPhotobucket
Award dari Astri AstronotPhotobucket

Friend's Banner

  © Blogger template 'Neuronic' by Kios Info 2008

Back to TOP