Mini Market

Mengapa Mini Market?

Suatu ketika saya tengah berbicara dengan seorang teman lewat telepon. Saat itu dia sempat mengeluh saat mengantar istrinya berbelanja kebutuhan sehari-hari ke mall, jalanan sering macet sekali. Ini menunjukkan ketidakpraktisan.
Hanya karena berbelanja kebutuhan sehari-hari yang tidak seberapa, bisa memakan waktu berjam-jam. Dan waktu itu teman saya dan istrinya memutuskan pergi ke mini market.apalagi saat itu harus mengantar istrinya berbelanja kebutuhan sehari-hari ke mall “Untung sekarang banyak mini market seperti ‘…mart’, ‘…mart’ yang lebih praktis dan jarak lebih dekat” begitu katanya. Saya pun langsung berpikir bahwa berarti ada sebuah peluang usaha yang bagus. Mini market menjadi tempat belanja alternatif yang potensial. Bagaimana memulai usaha mini market?

Faktor-faktor yang harus dipertimbangakan sebelum memulai bisnis ini adalah:
  • Modal. Berapa modal yang Anda siapkan untuk memulai usaha ini? Bila Anda menghendaki modal minimal dan kepraktisan, bukalah sebuah mini market yang menggunakan sistem franchise. Jika Anda ingin melihat seperti modelnya, lihatlah banyaknya mini market Alfamart dan Indomart. Anda hanya perlu mengajukan surat permohonan kerja sama, persyaratan tempat usaha sesuai standard mereka, dan karyawan. Bila disetujui Anda bisa segera membuka sebuah mini market dengan sistem franchise. Produk dan seluruh sistem pengoperasian mini market hingga komisi akan diatur oleh sistem perusahaan. Tetapi bila Anda mempunyai modal yang lumayan besar, saya asumsikan di atas 100 juta, saya sarankan Anda membuka usaha mini market yang mandiri.
  • Lokasi Usaha. Mini market berarti sebuah tempat usaha yang berkapasitas kecil. Jadi pasti usaha Anda tidak memerlukan lahan yang begitu besar. Jika Anda memiliki rumah besar yang strategis di tengah kota yang mungkin bisa dirombak, itu sebuah alternatif yang baik. Anda juga bisa menyewa bangunan atau ruko yang agak besar di tengah kota, lalu direnovasi dan didesain sedemikian rupa hingga menarik. Jangan lupa sebuah hal penting, yaitu lahan parkir. Tidak harus besar, tetapi cukup nyaman dan aman untuk parkir kendaraan.
  • Izin Usaha. Masalah perizinan menjadi sebuah hal yang sangat penting. Apa gunanya perencanaan, modal dan lokasi yang baik tapi tak memiliki izin usaha?
  • Persiapan pernak-pernik mini market. Mulailah mencari karyawan untuk mini market Anda. Dari sisi produk, susunlah dengan mendetail produk-produk apa saja yang akan Anda jual. Survey-lah ke super market dan mini market, lalu catatlah dengan selengkap-lengkapnya. Kelengkapan berupa rak yang hendak digunakan untuk men-display produk-produk Anda juga harus dipersiapkan. Buatlah rancangan penempatan setiap produk menurut kategorinya. Pikirkanlah agar tata letaknya membuat konsumen Anda merasa nyaman. Demikian juga dengan tata lampu. Tempat belanja yang terang membuat konsumen senang berbelanja di tempat Anda. Sistem program komputer untuk kasir juga harus dibuat. Dan kabar baiknya sekarang sudah ada dijual program tersebut dengan berbagai fasilitasnya. Salah satunya di Media Internusa (Anda bisa browsing lewat Google Search). Mulai dari data-data stok produk, dll bisa Anda kontrol dari program tersebut.
  • Finishing. Ujilah mini market Anda secara teknis. Khususnya program sistem komputer mini market Anda. Lakukan promosi besar-besaran 2 minggu sebelum mini market Anda dibuka. Publikasikan lewat berbagai media yang tersedia. Dan setelah Anda yakin semuanya berjalan dengan sempurna, mini market siap dibuka dan dioperasikan.
Mini Market dengan Nilai Plus

Salah satu nilai plus yang bisa Anda lakukan adalah memberi fasilitas layanan antar (delivery service). Banyak mini market yang menyediakan produk lengkap dan sistem member, tapi sedikit sekali yang menyediakan layanan antar “yang memuaskan”. Memuaskan karena kemajuan usaha Anda sangat tergantung dari konsumen. Konsumen yang puas akan selalu kembali. Konsumen yang kecewa tidak akan pernah kembali.

Harga yang bersaing juga dapat menjadi nilai plus tempat usaha Anda. Berdasarkan pengalaman dan survey dari beberapa teman, harga produk setiap mini market bersaing. Di sebuah mini market harga produk A lebih murah dari mini market yang lain. Tetapi di sisi lain produk B harganya bisa menjadi lebih mahal. Saran saya lakukan survei dengan mini market pesaing Anda. Berikan harga dan kualitas produk terbaik bagi pelanggan Anda. Berikan bonus-bonus istimewa kepada pelanggan secara rutin dalam kurun waktu tertentu dan moment khusus seperti lebaran, natal, dan sebagainya.

Berikan juga bonus tertentu bagi karyawan Anda. Misalnya, bagi karyawan yang mampu mencari member / pelanggan baru dengan pembelanjaan minimal setiap orang 500 ribu /bulan selama 3 bulan, akan mendapatkan bonus. Itu hanya sebuah contoh. Anda bisa berkreasi dengan banyak hal lagi. Berdayakan semua sumber daya yang ada dengan maksimal untuk kemajuan usaha Anda. Anda berminat? Segera realisasikan!

4 komentar:

john May 26, 2014 at 3:44 PM  

database barcode seluruh indonesia silahkan download disini
yang berguna utk usaha minimarket
DOWNLOAD
http://www.mediafire.com/download/c8ca2xtniu53zm6/barcode+produk.rar

http://anistafero.blogspot.com/2013/12/download-daftar-barcode-seluruh-produk.html

minimarket May 3, 2015 at 12:09 AM  

kedapan minimarket akan terus menggerus pasar tradisional harus ada langkah objectif untuk mengatasinya

rak gondola June 14, 2015 at 11:03 PM  

saya punya koperasi yang punya usaha minimarket sekarang sedang proses penyusunan gondola semoga sukses untuk kami

Raja Rak August 20, 2015 at 10:36 AM  

Kami sebagai penyedia Rak Minimarket, Rak Supermarket sangat mendukung dengan adanya minimarket, disamping memudahkan untuk berbelanja, juga toko lebih terlihat modern. Silahkan kunjungi http://www.rajarakminimarket.com, http://www.rajaraksupermarket.com, http://www.rakgudangjakarta.com, Telp: 021-87786434 / 021-87786435 / 021-87786436 / 021-87787047

Awards

Award dari SeptianPhotobucket
Award dari Judith dan LylaPhotobucket
Award dari Lyla dan MemmiPhotobucket
Tag Persahabatan dari Lyla dan JudithPhotobucket
Award dari HellenPhotobucket
Award dari GratciaPhotobucket
Award dari Sari RapetPhotobucket
Award dari EndonezyaPhotobucket
Award dari Astri AstronotPhotobucket

Friend's Banner

  © Blogger template 'Neuronic' by Kios Info 2008

Back to TOP