10 Cara Memperoleh Ide

Bagaimana bila Ana merasakan tidak mempunyai ide apapun. Di satu sisi ingin memulai sebuah usaha, tetapi di sisi yang lain tidak tahu harus melakukan apa.

Saya mencoba membantu Anda mencari jalan keluarnya berdasarkan pengalaman dan survey, antara lain:

  1. Berharap Mendapatkan Ide

    Jika Anda benar-benar merasa sulit menemukan sebuah ide, jangan berdiam diri sendirian. Segera berdiri dan telepon beberapa teman, atau kunjungilah teman Anda untuk membicarakannya. Ide bisnis biasanya didapatkan dari hasil melihat, berkomunikasi atau mendengar. Jarang sekali sebuah ide cemerlang yang dihasilkan dari proses merenung seorang diri.

  2. Membuka Pikiran

    Ide bisa berasal dari mana saja seperti yang sudah saya jelaskan di artikel Ide Peluang Usaha. Sebagian ide bahkan didapatkan dari sebuah pengalaman gila yang tidak pernah terpikirkan oleh Anda. Misalnya, ketika Anda menghadiri sebuah pesta dan menyantap sebuah hidangan lezat. Lalu tiba-tiba Anda merasa hidangan itu pasti lebih lezat bila dikombinasikan dengan bahan lain, disajikan dengan cara unik yang ada di pikiran Anda. Dan setelah pulang dari pesta tersebut, Anda terinspirasi membuka sebuah restoran yang unik dengan makanan khas hasil dari ide gila Anda. Jadi bukalah pikiran Anda dan jelajahilah ide-ide baru yang mampu merubah pandangan Anda akan dunia usaha.

  3. Catatlah Semua Keinginan Anda

    Biasakanlah mencatat semua impian dan keinginan Anda dalam sebuah catatan khusus. Seperti yang saya lakukan, bila saya memiliki sebuah pemikiran, gagasan, dan sesuatu yang ingin saya tuliskan di blog ini, semuanya saya catat dalam secarik kertas. Setiap malam saya baca lagi semua catatan tersebut. Selanjutnya tinggal menyusun, menulis, meng-edit dan memposting menjadi sebuah artikel. Ingat, ide tidak muncul dua kali. Sebelum Anda lupa, segeralah catat semuanya. Sangat mungkin di antara banyak catatan kecil Anda, salah satu di antaranya merubah kehidupan Anda menjadi seorang pengusaha sukses.

  4. Berusaha Belajar Sesuatu yang Baru Setiap Hari

    Setiap hari adalah istimewa. Anda berinteraksi dengan orang lain. Anda bertemu dengan teman dan rekan kerja. Anda juga membaca surat kabar, bahkan Anda menjelajah di dunia maya / internet. Manfaatkanlah semua itu untuk mendapatkan ide-ide yang baru. Misalnya, hari ini Anda bekerja sebagai karyawan dan sedang makan siang di sebuah food center. Lalu Anda melihat sebuah stan makanan yang paling ramai. Perhatikanlah apa yang menyebabkan stan tersebut ramai. Belajarlah sesuatu pada hari itu. Rasa yang lezat, harga yang bersaing dan pelayanan yang memuaskan. Artinya, jika suatu saat Anda memiliki usaha sendiri, berikan pelayanan yang baik dan produk terbaik dengan kualitas terbaik untuk konsumen Anda. Mungkin ada hal lain yang Anda petik dari contoh di atas? Temukan ide setiap hari dari siapapun dan belajarlah sesuatu.

  5. Selalu Bicarakan Ide Anda

    Ide sekecil dan sesederhana apapun itu, bicarakan terus-menerus pada orang-orang di sekeliling Anda, khususnya orang-orang terdekat Anda. Biasanya akan ada reaksi positif dan negatif. Seringkali ada opini dan gagasan baru dari ide yang selalu Anda bicarakan itu. Dari proses itu Anda bisa memperbaiki ide Anda menjadi lebih baik untuk direalisasikan. Bila terlalu banyak lomentar negatif, Anda bisa mempertimbangkannya kembali. Jangan kuatir, yang sering terjadi adalah ide tersebut menjadi lebih sempurna.

  6. Konsultasikan Permasalahan Yang Mungkin Timbul dari Ide Anda

    Sebelum merealisasikan ide tersebut, pertimbangkanlah masalah yang mungkin timbul
    Maksud saya, konsultasi dengan orang-orang yang lebih berpengalaman di bidangnya. Misalnya Anda berminat dalam usaha modifikasi mobil, konsultasilah dengan orang-orang yang bergerak di bidang otomotif. Bisa juga Anda bergabung dalam forum-forum internet untuk berkonsultasi tentang permasalahan yang mingkin timbul, dan sebagainya. Tujuannya tak lain agar saat ide Anda menjadi usaha yang nyata, diharapkan bisa meminimalisasi permasalahan yang akan dihadapi.

  7. Mempelajari Pasar / Market

    Lakukan riset terhadap ide Anda. Bagaimana kekuatan pesaing Anda, buatlah catatan-catatan kelebihan dan kekurangannya. Dapatkan ide baru yang bisa membuat usaha Anda dapat mengalahkan pesaing secara sehat. Di samping itu pelajarilah keinginan pasar / calon kunsumen. Jika ide Anda bagus tetapi tidak tepat sasaran juga menjadi kurang maksimal.

  8. Menggambarkannya dalam Pikiran Anda

    Artinya adalah gambarkan dengan jelas semua yang sudah saya jelaskan di atas dalam pikiran Anda. Ingatlah bahwa pikiran adalah pusat yang mengatur segala ide dan rencana yang didukung oleh semua catatan yang telah Anda buat. Bagaimanapun secara psikologis pikiran yang terstruktur, menggolongkan ide-ide, membantu mengembangkan, memecahkan masalah, serta mengambil keputusan. Jadi gambarkan dengan sejelas-jelasnya di pikran Anda.

  9. Menggabungkan Ide-Ide Anda

    Apakah sejauh ini Anda mempunyai beberapa ide baru yang sepertinya tidak berhubungan? Biarkan saja. Jika ide-ide itu bisa digabungkan, mengapa tidak. Langkah 1 – 6 memungkinkan Anda mengalaminya. Jika memang ide-ide tersebut tidak bisa digabungkan, simpan baik ide-ide Anda itu. Di masa mendatang pasti sangat berguna.

  10. Bawalah Tidur Ide Anda

    Biasanya ide yang kuat yang ada di pikiran Anda akan masuk ke alam bawah sadar. Itulah tanda yang baik. Ketika ide tersebut terbawa dalam mimpi tidur Anda, berarti itu sudah merasuk ke dalam pikiran Anda yang terdalam. Dan saya berharap ide Anda akan segera menjadi kenyataan serta mempunyai hasil akhir yang mengesankan. Semoga Anda terinspirasi.


0 komentar:

Awards

Award dari SeptianPhotobucket
Award dari Judith dan LylaPhotobucket
Award dari Lyla dan MemmiPhotobucket
Tag Persahabatan dari Lyla dan JudithPhotobucket
Award dari HellenPhotobucket
Award dari GratciaPhotobucket
Award dari Sari RapetPhotobucket
Award dari EndonezyaPhotobucket
Award dari Astri AstronotPhotobucket

Friend's Banner

  © Blogger template 'Neuronic' by Kios Info 2008

Back to TOP