Jasa Service Motor

Mengapa jasa service motor?

  • Saat ini motor sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang karena motor menjadi salah satu alat transportasi untuk bekerja. Contoh: sales, ojek.
  • Saat ini motor menjadi sarana transportasi yang sudah umum dimiliki dan digunakan oleh para pelajar, mahasiswa, pegawai kantoran.
  • Penjualan motor dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan.
Dengan demikian motor yang memerlukan ganti sparepart, ganti olie, dan perawatan rutin juga semakin meningkat. Dan itu berarti kehadiran bengkel motor sangat dibutuhkan selain bengkel resmi yang sudah disediakan. Penjualan motor hingga ke pelosok desa juga menunjukkan bahwa motor bukan lagi barang mewah yang sulit dibeli. Bahkan peningkatan jumlah motor dari tahun ke tahun semakin menunjukkan bahwa bidang usaha yang berkaitan dengan motor memiliki prospek yang bagus.

Bagaimana memulai usaha service motor?

Untuk memulai bidang usaha service motor bisa dilakukan tergantung berapa besarnya modal kita. Namun terutama yang harus dimiliki adalah keahlian anda memperbaiki motor, dan kabar baiknya adalah keahlian tersebut bisa dipelajari. Apabila anda benar-benar serius menekuni usaha ini pasti tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk mempelajarinya sebab mesin motor tidak terlalu rumit dibandingkan mesin mobil. Bila anda seorang yang memiliki modal cukup besar, investasi ini sangat menguntungkan. Dengan modal lebih kurang 100 juta anda bisa memulainya. Tetapi saat ini saya mencoba membahas berdasarkan modal yang minimal dan anda juga bisa mengambil manfaatnya. Silahkan lanjutkan bacaan Anda, pertimbangkan dan putuskan sendiri sesuai dengan keinginan anda.

Modal yang minimal

Saya tidak akan menyebutkan nilai nominal yang pasti, tetapi silahkan Anda sesuaikan dengan kondisi finansial Anda, kurang lebih 50 juta bila Anda belum memliki tempat usaha. Namun bila Anda memanfaatkan halaman rumah Anda, tentunya modal bisa berkurang hingga 50%. Untuk usaha jasa service motor dengan modal Anda yang relatif kecil, atau bahkan tanpa modal uangpun Anda masih bisa mencobanya. Gunakan strategi kerjasama dengan rekan Anda. Artinya Anda yang telah belajar teknik service motor secara otodidak tapi tidak memiliki modal yang cukup untuk membuka bengkel, bisa mengajak rekan Anda yang memiliki garasi/halaman rumah yang diperkirakan bisa dirubah menjadi bengkel kecil-kecilan dengan sistem bagi hasil. Jadi Anda yang menyediakan jasa, rekan Anda yang menyediakan tempat / peralatan.

Jangan lupa yang terpenting yaitu jasa Anda dan kepuasan konsumen terhadap jasa service motor Anda menjadi modal utama Anda. Dengan modal keahlian yang telah Anda miliki, dari bagi hasil kerjasama bengkel tersebut Anda bisa mulai menabung untuk mengumpulkan modal. Dalam hal ini Anda harus benar-benar berhemat.

Banyak jasa service motor di mana-mana…tapi Anda harus menggunakan cara yang baru dengan memiliki kelebihan dari yang lain.
  • Anda pasti pernah mendengar istilah “Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda”. Saat seorang konsumen datang ke bengkel Anda, lalu menyambutnya dengan senyuman yang tulus (meskipun mungkin Anda sedang pusing dengan pekerjaan Anda)…wow luar biasa!! Itu berarti Anda telah berhasil di tahap awal. Selanjutnya….terserah Anda. Maksud saya, sebelum harus melayani sang konsumen dengan pelayanan, terlebih dahulu konsumen memiliki kesan yang baik terhadap Anda.
  • Coba bayangkan! Apa yang Anda rasakan saat menservice motor di sebuah bengkel, dan Anda mendapat harga yang bersaing dengan bengkel lain, diperlakukan serta dilayani seakan-akan Anda konsumen istimewa? Saya jamin Anda akan sangat senang dan di kemudian hari akan kembali menservice motor di bengkel itu. Itu yang harus Anda lakukan. Jelas sekali maksud saya, service motor yang baik, harga yang bersaing, ditambah pelayanan istimewa terhadap konsumen akan membuat nama Anda cepat dikenal banyak orang. Ini sangat menguntungkan Anda pribadi.
  • Ada lagi hukum wajib yang harus Anda ingat yang dapat menjadi nilai plus Anda: jangan pernah bersikap atau berkata yang dapat menyinggung perasaan konsumen. Berusahalah tenang meskipun konsumen sedang marah. Berusahalah bersikap ramah dalam situasi apapun. Dengan sikap atau reaksi positif yang Anda berikan, akan membuat konsumen menjadi sungkan dan akan berbalik menghargai Anda.
  • Saat membeli sebuah barang, maka Anda mendapat garansi. Itu adalah sebuah bentuk jaminan dan meyakinkan Anda bahwa produk tersebut memang bagus. Begitu juga yang bisa Anda terapkan di bengkel Anda. Konsumen yang mendapat jaminan garansi satu bulan akan merasa nyaman dengan jasa yang telah Anda berikan. Dan hal itu akan menunjukkan kredibilitas Anda, artinya Anda memang memberikan jasa pelayanan yang terbaik.
Masih banyak hal yang bisa diberikan untuk menunjukkan kelebihan jasa pelayanan Anda dibandingkan bengkel lain yang ada. Pelajarilah market dan pesaing Anda. Kembangkanlah kreatifitas anda untuk mewujudkan inovasi baru dalam bidang usaha service motor.

Apakah Anda akan bekerjasama dan hanya menjadi tukang service selamanya?

Tentu saja tidak!Ingatlah bahwa Anda sedang merintis sebuah usaha. Jadi jangan terfokus dengan hasil berupa uang dulu. Karena ini adalah bidang jasa, sebaiknya Anda fokus dulu menarik hati konsumen sebanyak-banyaknya untuk menjadi pelanggan Anda. Jangan lupa selalu menceritakan pekerjaan dan keahlian Anda di manapun Anda berada, kepada teman, saudara, tetangga atau siapapun yang Anda temui karena itu adalah promosi yang murah meriah.

Binalah hubungan yang baik dengan konsumen dan teruslah belajar dari rekan-rekan seprofesi Anda yang lebih senior. Sabar dan bekerjalah dengan tekun sambil mencari pengalaman, meningkatkan keahlian, dan mengumpulkan modal kurang lebih tiga hingga lima tahun. Lama? Tidak untuk sebuah pengalaman dan usaha baru. Dengan waktu tersebut saya yakin Anda akan mendapat banyak relasi dan wawasan yang jauh lebih besar dalam dunia otomotif, khususnya motor yang Anda tekuni.

Selanjutnya dengan modal yang dimiliki, pelanggan setia hasil dari pelayanan istimewa Anda kemungkinan besar akan mengikuti Anda. Jangan takut melangkah lebih maju. Pertimbangkan dan pikirkan dengan sungguh apakah Anda siap melepaskan kerjasama dengan rekan Anda dan memulai usaha sendiri. Bicarakan Maksud Anda dengan rekan Anda, bahwa Anda ingin mencoba mandiri. Atau bisa saja Anda negosiasi lagi untuk menanam modal bersamanya. Menurut saya cara kedua (menambah modal kerjasama) akan lebih baik. Tetapi bila Anda ingin mandiri, bila belum siap lebih baik tahan dulu langkah Anda. Dan bila anda sudah siap mandiri, mulailah bermain angka untuk berhitung.
  • Mulailah mencari lahan baru milik Anda pribadi. Carilah informasi detail harga-harga di pasaran. Anda bisa mengontrak sebuah tempat. Usahakan tempat yang lebih strategis dari tempat yang dulu karena target Andapun harus lebih besar. Perhatikan faktor perizinan, kondisi bangunan, listrik, air hingga hal-hal kecil yang penting secara umum atau Anda mulai mencari informasi yang lebih detail. Tuliskan nominal sesuai yang anda butuhkan.
  • Bukan hanya service motor, tetapi menjual olie, sparepart dan asesoris kendaraan bermotor kecil-kecilan. Peralatan-peralatan yang diperlukan sebuah bengkel seperti kunci-kunci, kompresor, dsb juga perlu Anda perhatikan. Anda juga mulai merekrut seorang anak buah yang akan membantu Anda. Tulislah berapa nominal rupiah yang harus Anda investasikan untuk semua kebutuhan itu dan tambahkan 10% untuk lain-lain.
Agar terwujud usaha mandiri Anda yang lebih besar , tentunya modal Anda juga akan jauh membesar. Untuk itu Anda harus melakukan perencanaan yang matang. Misalkan: mengajukan kredit usaha di bank. Setelah mendapat informasi yang selengkap-lengkapnya, Anda harus mulai berhitung lagi dan membuat target. Berapa besar kredit Anda, berapa lama harus melunasi, berapa bunga yang harus dibayar per bulan, berapa target penghasilan per bulan untuk melunasi kredit bank tersebut, dsb.

Untuk mendapat hasil yang besar diperlukan tenaga, pikiran dan pengorbanan yang lebih besar. Apapun yang Anda lakukan untuk memperbesar usaha Anda, selama langkah yang ditempuh halal dan Anda siap, lakukan dengan penuh semangat. Bidang usaha jasa service motor ini memiliki prospek yang sangat bagus di masa mendatang. Anda yang memulai dari nol dengan modal minimal juga pasti bisa berhasil asalkan dilakukan dengan sabar, tekun, dan ulet. Jangan pernah menyerah kepada keadaan, sebab kesuksesan tergantung diri Anda, bukan keadaan!

1 komentar:

samsulefendi August 19, 2017 at 7:32 PM  

ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUAN KI ROGO SEJATI, KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI BERIKAN 4D BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B. INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA. JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN, BERGABUNG DAN MENGHUBUNGI KI ROGO SEJATI. UNTUK KONFIRMASI LEBIH JELASNYA: >>>>>>>>KLIK DISINI<<<<<<<<<KARENA APAPUN KEADAAN ANDA JANGAN PERNAH BERPUTUS ASAH KALAU SUDAH WAKTUNYA TUHAN PASTI KASIH JALAN AMIN. JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D 5D 6D SILAHKAN BERGABUNG DAN MENGHUBUNGI KI ROGO SEJATI. SEMOGA JADI BERKAH AMINN.

Awards

Award dari SeptianPhotobucket
Award dari Judith dan LylaPhotobucket
Award dari Lyla dan MemmiPhotobucket
Tag Persahabatan dari Lyla dan JudithPhotobucket
Award dari HellenPhotobucket
Award dari GratciaPhotobucket
Award dari Sari RapetPhotobucket
Award dari EndonezyaPhotobucket
Award dari Astri AstronotPhotobucket

Friend's Banner

  © Blogger template 'Neuronic' by Kios Info 2008

Back to TOP