Warung Ayam Goreng / Bakar

Anda bisa menyebutnya warung, rumah makan atau kedai atau apapun. Bila Anda memperhatikan dan sering melihat orang yang membuka usaha makanan berjualan ayam goreng/bakar, ini bukan berarti Anda terlambat untuk memulainya dan bakal sulit bersaing di pasar kuliner. Saya akan menunjukkannya kepada Anda.


Mengapa warung ayam goreng/bakar?

Bidang usaha ini saya pilih sebagai contoh dan menjadi sebuah pilihan karena:
  • Mudah diolah.
    Bahan dasar ayam dapat diolah menjadi aneka macam hidangan yang lezat. Sebut saja kare ayam, soto ayam, sate ayam, opor ayam, dsb. Makanan yang berasal dari olahan ayam juga banyak diminati oleh masyarakat umum bahkan oleh dunia. Bahkan menjadi sebuah hidangan ayam goreng/bakar masih memilki aneka ragam keistimewaan. Nanti saya akan tunjukkan kepada anda salah satu rahasia penyebab lezatnya menikmati ayam goreng/bakar yang peluang usahanya bagus ini.
  • Mudah dipelajari.
    Mungkin Anda sempat berpikir bidang usaha ini sepertinya gampang gampang sulit. Padahal sebenarnya tidak juga. Dari berbagai olahan ayam yang dijadikan hidangan lezat, ternyata salah satu olahan ayam menjadi ayam goreng/bakar termasuk yang mudah dipelajari oleh siapapun. Yang menjadikan berbeda atau istimewa adalah cirri khas yang ditampilkan baik dari rasa ataupun penyajiannya. Banyak diminati masyarakat.Dengan banyak pilihan makanan yang dapat dinikmati dari olahan seekor ayam, menyebabkan makanan yang berbahan dasar ayam banyak diminati masyarakat luas.
Bagaimana memulai usaha ayam goreng/bakar?

Bila Anda memiliki modal yang cukup besar dan berminat membuka usaha ayam goreng/bakar, Anda bisa segera mengalokasikan dana dan menyiapkan segala kebutuhan membuka sebuah restoran ayam goreng/bakar. Bila Anda tidak bisa memasak, Anda bisa memakai jasa koki masak professional. Dalam hal ini Anda tidak hanya terbatas menjual ayam goreng/bakar, bahkan aneka jenis makanan seperti pada umumnya. Carilah tempat yang strategis dengan market yang Anda tentukan untuk mencapai keuntungan yang maksimal. Namun di kesempatan ini saya akan lebih fokus bagi Anda yang akan memulai bidang usaha warung ayam goreng/bakar dengan modal yang minimal. Mari kita mulai…..
  • Saya asumsikan Anda telah mempelajari bagaimana memilih ayam potong yang baik dengan harga terbaik. Memulai sebuah bidang usaha ayam goreng/bakar perlu mempertimbangkan sasaran Anda, artinya siapa market Anda. Bila Anda membuka usaha di perumahan tentu market Anda sebagian besar masyarakat yang tinggal di perumahan itu pada awalnya. Bila Anda membuka usaha di pinggir jalan raya/ruko maka marketnya sebagian besar orang yang melewati jalan tersebut dan masyarakat di sekitar warung Anda. Bila Anda berada di dekat kampus berarti marketnya adalah para mahasiswa, anak kos, masyarakat di daerah kampus tersebut. Anda bisa mulai menentukannya agar bisa membuat target omzet awal dan perencanaan selanjutnya. Yaa… market Anda dan lokasi usaha harus tepat.
  • Menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan seperti pada umumnya orang yang membuka usaha makanan, warung, atau depot. Untuk sebuah warung ayam goreng/bakar lebih baik bila Anda tempat penggorengan/pembakaran ayam tidak berada di belakang dan tersembunyi. Tujuan utamanya agar aroma ayam goreng/bakar nantinya dapat dirasakan hingga di luar warung Anda, sehingga banyak orang tahu usaha Anda. Perhitungkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk listrik, air, dan pekerja Anda.
Jangan lupa mengurus ijin usaha bila Anda menyewa sebuah tempat ke dinas yang terkait. Pertimbangkan dan analisalah sesuai dengan lokasi serta keperluan Anda yang lain bila benar-benar tertarik dengan bidang usaha makanan ini. Tetapi perlu diingat bila usaha ini telah berjalan, Anda harus menyusun strategi baru agar usaha Anda meskipun banyak yang menggelutinya, akan cepat dikenal masyarakat dan maju pesat. Saya akan membantu Anda untuk berinovasi.

Bagaimana agar warung Anda menggunakan cara yang baru sehingga memiliki kelebihan dibandingkan yang lain?

Membuat perbedaan dari yang lain sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Itu berarti Anda akan selalu berpikir dan menghasilkan kreasi-kreasi baru dalam usaha Anda sehingga konsumen atau pelanggan yang datang semakin mencintai warung Anda. Pernahkah Anda melihat seseorang yang rela makan di sebuah rumah makan yang agak jauh dari rumahnya? Padahal di dekat rumahnya ada rumah makan dengan menu yang sama dan rasanya juga enak? Pertanyaannya adalah apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Jawabannya sederhana sekali: sang konsumen merasa cocok dan nyaman. Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi yang bisa menjadi informasi berguna bagi Anda:
  • Cita rasa yang berbeda dari makanan di tempat tersebut. Di sini saya membahas ayam goreng/bakar. Saat Anda membumbui ayam goreng/bakar, perhatikanlah aroma dan komposisi bumbunya. Belajarlah mencari komposisi yang tepat agar ayam goreng/bakar Anda berbeda. Misalnya: Anda belajar bagaimana membuat ayam goreng yang hasil gorengannya renyah dan wangi. Atau cara membakar ayam sehingga hasilnya cantik dan lezat.
  • Selain cita rasa ayam yang khas, ada lagi yang sangat penting. Ini adalah salah satu rahasia nikmatnya ayam goreng/bakar, yaitu sambal. Meskipun hanya sebagai pelengkap namun sambal sangat mempengaruhi kenikmatan ayam goreng/bakar. Terkadang ada 2 penjual ayam goreng/bakar memiliki rasa ayam yang sama. Tetapi masing-masing mempunyai sambal pelengkap dengan rasa yang berbeda. Akibatnya omzetnya pun berbeda. Dan yang mengherankan, penjual yang memiliki sambal lebih lezatlah yang memiliki omzet lebih besar. Inilah kehebatan sambal pelengkap ayam goreng/bakar.Kepuasan konsumen adalah yang utama dari sebuah bidang usaha, termasuk usaha ayam goreng/bakar.
  • Kepuasan yang saya maksud di sini antara lain: harga yang terjangkau dan bersaing (disesuaikan dengan market Anda), pelayanan yang ramah dan cepat, serta kebersihan tempat usaha sehingga konsumen merasa nyaman saat menikmati hidangan.
Beberapa hal yang saya bagikan kepada anda di atas sudah menjadi modal awal yang cukup agar usaha anda berjalan dengan baik. Anda masih bisa berkreasi dengan banyak cara dan mengembangkan kreativitas untuk menarik konsumen sebanyak mungkin. Misalnya untuk di daerah kampus dengan bonus-bonus minuman segar dengan pembelian nominal tertentu, dsb. Intinya yang harus anda pikirkan bagaimana supaya orang senang makan di warung anda dengan produk Anda yang lezat, pelayanan yang baik, dan merasa nyaman.

Bagaimana memperbesar usaha Anda?

Untuk memperbesar usaha warung ayam goreng/bakar ada beberapa cara, antara lain:
  • Membuka Cabang Baru.
    Perlu dipertimbangkan dengan sungguh-sungguh dari masalah pengelolahan/manajemen di cabang Anda, apalagi bila Anda membuka cabang di luar kota. Sebab bila tidak mempersiapkan dengan baik segala sesuatunya hingga detail, bukan untung tetapi merugi.
  • Memperbesar tempat yang sudah ada/pindah ke tempat yang lebih besar. Saya menyarankan untuk mencoba memperbesar bangunan fisik dahulu atau pindah ke tempat yang lebih besar. Setelah Anda berhasil, barulah berpikir membuka cabang yang baru. Selain modal yang besar, faktor pengalaman juga sangat menentukan. Maksud saya, dengan memperbesar tempat usaha terlebih dahulu, Anda akan belajar mengatur sebuah bidang usaha yang lebih besar. Dengan berkembangnya usaha Anda, maka diperlukan orang lain untuk membantu Anda. Itu berarti Anda tidak lagi mengerjakan semuanya sendiri, tetapi mulai belajar memimpin orang lain. Dengan keberhasilan Anda nantinya, baru melangkah lebih jauh lagi.
Yang penting bila Anda mulai tertarik memulai bidang usaha makanan ayam goreng/bakar atau bahkan ingin mencoba yang lain, jalani saja dulu dibantu dengan informasi yang sudah saya berikan. Anda harus mencari informasi yang lebih detail sebagai bahan pertimbangan. Anda akan bekerja sambil belajar. Cepat atau lambat Anda akan mengerti dengan sendirinya. Yang pasti bidang usaha makanan/kuliner memiliki prospek yang bagus di era globalisasi ini. Kuncinya hanya bagaimana Anda serius menekuninya dan tidak pernah berhenti belajar dan berinovasi.
Sampai jumpa di puncak kesuksesan!

0 komentar:

Awards

Award dari SeptianPhotobucket
Award dari Judith dan LylaPhotobucket
Award dari Lyla dan MemmiPhotobucket
Tag Persahabatan dari Lyla dan JudithPhotobucket
Award dari HellenPhotobucket
Award dari GratciaPhotobucket
Award dari Sari RapetPhotobucket
Award dari EndonezyaPhotobucket
Award dari Astri AstronotPhotobucket

Friend's Banner

  © Blogger template 'Neuronic' by Kios Info 2008

Back to TOP