Makanan / Minuman Kesehatan

Kesibukan yang padat dan berbagai faktor lingkungan membuat manusia tidak cukup hanya mendapat gizi dari makanan sehari-hari. Harus ada makanan tambahan untuk memenuhi gizi dalam tubuh yang biasa dikenal dengan istilah makanan / minuman kesehatan. Inilah salah satu bidang usaha yang memiliki prospek yang cerah di masa mendatang. Saya akan mencoba membantu Anda.


Mengapa makanan / minuman kesehatan?

Kemajuan zaman saat ini berpengaruh besar terhadap gaya hidup masyarakat. Kondisi perekonomian dunia di era globalosasi ini juga menuntut manusia harus bekerja tanpa mengenal waktu untuk memenuhi kebutuhannya. Gaya hidup yang praktis dan jam kerja yang kadang tanpa batas menjadikan manusia kurang peduli lagi dengan kesehatannya. Padahal apa jadinya bila seseorang sudah sakit? Tentu saja tidak bisa bebas beraktivitas dan bekerja. Belum lagi faktor polusi, pola makan yang kurang teratur serta kualitas makanan yang sering kurang memenuhi standar gizi bagi tubuh manusia membuat makanan/minuman kesehatan mulai menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan di masyarakat.

Ternyata bukan itu saja. Selain menarik untuk dibicarakan, makanan/minuman kesehatan nampaknya juga menjadi sebuah peluang usaha yang besar di masa mendatang.
Ada beberapa faktor yang mendukung, di antaranya:
  • Masyarakat sudah semakin menyadari pentingnya makanan/minuman kesehatan untuk menunjang aktivitas sehari-hari mereka.
  • Makanan/minuman kesehatan sudah banyak dirasakan manfaatnya menyehatkan tanpa efek samping oleh sebagian masyarakat.
  • Sebagian masyarakat kini sudah mengurangi mengkonsumsi obat-obatan modern (sintetik) dan menggantinya dengan jamu tradisional serta tanaman obat alami yang masuk dalam kategori makanan/minuman kesehatan.
Dengan ditunjang kesadaran yang makin tinggi akan pentingnya menjaga kesehatan yang tepat di masyarakat, bidang usaha yang berkaitan dengan masalah kesehatan layak menjadi sebuah pilihan yang anda pertimbangkan.

Bagaimana memulai usaha makanan / minuman kesehatan?

Mengingat bidang usaha ini berkaitan erat dengan masalah kesehatan orang banyak dan harus bisa dipertanggungjawabkan, maka bila Anda awam dalam hal kesehatan, saya tidak merekomendasikan Anda memulainya dari nol. Maksud saya, sebaiknya Anda tidak mengadakan peneletian terhadap tanaman obat sendiri, mencoba meracik sendiri atau apapun tanpa rekomendasi dinas kesehatan.
Saya lebih merekomendasikan Anda mengembangkan dari yang sudah ada dan terdaftar di departemen kesehatan Indonesia.

Bagi Anda yang memiliki modal besar, Anda bisa segera mulai usaha ini. Yang diperhatikan antara lain:
  • Menentukan produk dan market Anda.
    Ada beberapa makanan / minuman kesehatan yang pemasarannya dengan sistem yang dikenal dengan nama multilevel marketing. Anda bisa mengumpulkan informasi mengenai izin depkes, keanggotaan APLI, profil perusahaan, sistem pembagian hasil, kualitas dan market produknya. Sehingga pada saat anda mengajukan permohonan sebagai stokist/kantor cabang, anda tidak dirugikan. Sebaiknya anda mempelajari dan membicarakan hingga detail pembagian keuntungan dengan pimpinan di perusahaan multilevel tersebut. Bagi produk yang direct selling/penjualan langsung, sebaiknya anda juga mempelajari hal yang sama dengan perusahaan multilevel marketing, kecuali keanggotaan APLI sebab keanggotaan tersebut khusus untuk perusahaan multilevel marketing. Yang harus anda perhatikan adalah bagaimana sistem pembagian hasilnya. Dengan pembagian hasil yang jelas, anda sebagai agen resmi bisa bersaing dengan pasar.
  • Menyiapkan tempat dan perizinan sebagai kantor keagenan.
Bagi Anda yang memulai dengan modal minimal

Anda juga memiliki kesempatan menjadi berhasil dalam bidang usaha ini meskipun modal anda kecil. Salah satu cara yang paling praktis adalah anda bergabung dengan sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang makanan/minuman kesehatan di mana anda menjadi seorang distributor/agen yang mandiri. Dengan sistem pembagian keuntungan yang sudah diatur oleh perusahaan, anda tinggal menjalankan sistem yang ada. Perusahaan dengan sistem semacam ini biasa dikenal dengan nama MLM (multilevel marketing).

Kelebihan dan keuntungan anda dengan modal minimal bergabung menjadi agen dengan perusahaan MLM:
  • Anda bisa menjalankan usaha ini dengan modal biasanya lebih kurang Rp. 100.000,- tetapi penghasilan dari penjualan produk yang anda dapatkan berlipat ganda. Anda bisa mempelajari dulu setiap sistem pembagian keuntungan dari perusahaan yang berbeda. Di sini saya tetap merekomendasikan produk perusahaan yang Anda pelajari adalah makanan/minuman kesehatan.
  • Anda tidak perlu membangun kantor sendiri atau mengeluarkan uang untuk menyewa ruangan sebagai sarana usaha Anda.
  • Anda tidak perlu menyimpan banyak barang di rumah Anda. Biasanya perusahaan telah membuka cabang sendiri sehingga bila ada konsumen membeli, Anda tinggal mengambil dari kantor cabang tersebut. Di samping itu anda akan mendapat keuntungan eceran langsung dari tiap penjualan produk tersebut.
  • Anda bisa menjual produk makanan/minuman kesehatan tersebut di mana saja tanpa dibatasi daerah tertentu.
  • Anda berhak membangun sebuah jaringan sendiri dengan merekrut agen-agen baru dan Anda juga berhak dengan prosentase tertentu dari omzet penjualan jaringan anda.
  • Saat ini semakin banyak perusahaan MLM yang menjual produk makanan/minuman kesehatan dan hadir di Indonesia sehingga Anda harus menyeleksi dengan teliti mana yang cocok dan menguntungkan Anda.
Tanaman obat serta ramuan jamu yang berasal dari Indonesia sendiri ternyata memiliki potensi yang besar di masa mendatang bila dikelola dengan baik. Bila Anda mencermati, bukan hanya khasiatnya yang besar, namun potensi pendapatan dari usaha jamu dan tanaman obat patut diperhitungkan.

Untuk memulai usaha ini dengan modal minimal:
  • Di awal usaha ini Anda hanya perlu belajar manfaat tanaman obat atau jamu yang banyak diminati masyarakat dan cara meracik yang tepat.
  • Sebagai pemula Anda tidak perlu belajar mulai proses awal pemilihan tanaman, pengeringan ataupun proses pengolahannya. Saya menyarankan sementara ini Anda cukup dengan mencari informasi penyuplai terbaik sehingga Anda bisa mendapat bahan racikan dengan harga terbaik. Dengan modal yang minimal ratusan ribu rupiah, Anda bisa memulai usaha ini di rumah Anda / kurang lebih 5 juta-an untuk sewa kios kecil.
  • Dengan belajar lebih kurang satu tahun tentang manfaat tanaman obat, jamu tradisional yang dijadikan makanan/minuman kesehatan, Anda akan mulai bisa meracik dan menjual produk Anda dalam gelas. Misalnya: mahkota dewa, mengkudu, beras kencur, temulawak, madu jahe, dan aneka jenis lainnya. Dan Andapun siap menjalankan usaha di tahap awal.
Saya yakin tentunya Anda tidak akan selamanya berdiri di tempat, bukan? Pasti Anda ingin usaha Anda berkembang menjadi usaha yang lebih besar. Apa yang Anda rencanakan dan lakukan selanjutnya?

Banyak orang memiliki usaha makanan/minuman kesehatan, tapi Anda menggunakan cara yang baru dengan memiliki kelebihan dari yang lain

Saudara, saya tidak akan membahas untuk Anda bagaimana membuat perbedaan bidang usaha ini dengan yang lain dari sisi sistem MLM karena saat Anda bergabung dengan sebuah perusahaan MLM, sebagai agen biasanya akan diajarkan strategi pemasaran produk makanan/minuman kesehatan milik tersebut. Di sini saya hanya membahas ketika Anda merintis usaha meracik tanaman obat atau jamu tradisional di rumah atau kios Anda. Mari kita mulai.

Saya asumsikan Anda sudah mempelajari cara meracik / mencampur ramuan jamu atau tanaman obat untuk konsumen Anda. Maka saat Anda mulai menjual, harus sudah melakukan perbedaan dengan yang lain, yaitu:
  • Rumah atau kios anda harus menarik orang untuk datang. Buatlah spanduk yang anda desain sedemikian rupa, yang isinya produk-produk anda, manfaat bagi orang yang meminumnya, jaminan kehalalan produk anda dengan paduan warna yang menarik. Tidak perlu mencantumkan harga karena akan membuat anda repot bila sewaktu-waktu Anda merubahnya.
  • Aturlah posisi setiap racikan dengan rapi dan sediakan beberapa kursi yang nyaman bagi konsumen Anda. Jangan lupa memperhatikan kebersihan alat-alat racikan Anda karena kebersihan sangat penting. Yakinkan kepada konsumen bahwa Anda orang yang sangat menjaga kebersihan, termasuk penampilan Anda yang bersih dan rapi tentunya.
  • Berikan senyuman kepada setiap konsumen yang datang dan berbicaralah dengan ramah meskipun itu teman baik Anda.
  • Buatlah sebuah brosur sederhana dan rapi sebagai sarana promosi Anda. Berikan kepada setiap konsumen Anda dan tetangga Anda. Jangan lupa tuliskan kelebihan usaha anda di dalamnya. Misalnya: Anda berikan 1 gelas gratis setiap pembelian 10 gelas racikan minuman kesehatan. Atau berikan sebuah sampel racikan minuman di gelas kecil bagi konsumen yang membeli 5 gelas racikan minuman kesehatan. Masih banyak lagi teknik untuk menarik konsumen yang bisa dipikirkan sehingga usaha Anda menjadi memiliki nilai plus.
  • Binalah hubungan baik dengan setiap konsumen dan usahakan Anda memiliki setiap nama dan alamat mereka. Anda harus melakukannya dengan halus sambil mengobrol. Jangan terang-terangan seperti orang yang sedang menginterogasi.
Bayangkan Anda sebagai konsumen. Pikirkanlah, maka Anda akan menemukan banyak lagi kelebihan yang bisa Anda berikan. Jangan lupa, fokuskan menarik konsumen sebanyak-banyaknya untuk datang dan mencintai racikan produk serta pelayanan Anda.

Bagaimana mengembangkan usaha menjadi lebih besar?

Diperlukan kesabaran, ketekunan, dan keuletan untuk memperbesar usaha makanan/minuman kesehatan yang Anda miliki. Yang pasti Anda harus pandai mengatur keuangan Anda. Investasikan keuntungan yang Anda peroleh agar usaha ini berkembang. Sejak Anda memulai bidang usaha ini, bekerjalah sambil membina hubungan yang sangat baik dengan banyak orang, khususnya dengan supplier Anda. Bila di awal tadi saya hanya menghimbau Anda hanya belajar meracik yang tepat dan mempelajari manfaat-manfaatnya, sekarang saatnya Anda mencari informasi sebanyak mungkin sambil belajar lebih dalam tentang tanaman obat dan jamu-jamuan, bagaimana perkembangbiakannya, memilih bibit racikan yang terbaik, cara mengolah dari awal hingga menjadi produk siap racik. Karena mungkin suatu ketika Anda yang akan menjadi seorang supplier makanan/minuman kesehatan. Atau bahkan Anda akan memproduksi racikan tanaman obat/jamu-jamuan menjadi bentuk kapsul/kaplet yang praktis untuk dikonsumsi sebagai food supplement.

Semuanya memerlukan proses waktu, namun intinya saya yakin bila Anda tidak pernah berhenti belajar dan selalu mencoba tanpa putus asa, Anda akan segera menikmati keberhasilan Anda di bidang usaha makanan/minuman kesehatan. Bukan hanya Anda berhasil secara financial, namun banyak orang menjadi sehat karena Anda.

Bidang usaha makanan/minuman kesehatan ini banyak yang menggelutinya, tapi belum banyak yang serius menjalankannya. Prospek ke depan juga masih sangat bagus sebab produk kesehatan, khususnya yang berasal dari tanaman obat tradisional akan selalu dicari orang sampai kapanpun tanpa terpengaruh kemajuan zaman. Bila anda tertarik, pertimbangkan dan analisa dengan seksama. Segera investasikan waktu dan uang Anda untuk bidang usaha makanan/minuman kesehatan ini.

4 komentar:

Anonymous November 28, 2012 at 1:08 AM  

Hey fantastic blog! Does running a blog like this require a massive
amount work? I have no knowledge of coding but I was hoping
to start my own blog soon. Anyway, if you have any recommendations or techniques for new blog owners please share.
I know this is off subject however I just had to ask.
Appreciate it!
Here is my homepage - how to make an app

Anonymous November 29, 2012 at 1:27 PM  

hi!,I really like your writing so much! proportion we keep
in touch more approximately your article on AOL?

I require an expert in this area to resolve my problem.

May be that is you! Having a look forward to peer you.
Feel free to visit my blog ... how to download movies

Anonymous January 28, 2013 at 6:09 AM  

What's up to all, the contents existing at this web site are really remarkable for people experience, well, keep up the nice work fellows.
My webpage ... wohnungen kaufen alanya

Tulang Lunak Gerobakan October 21, 2014 at 7:43 AM  

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1435H.
Informasi yang sangat BERMANFAAT..
Terima kasih..
Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
==============================

Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
~
..Bukan SULAP bukan SIHIR
Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
~
Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
~
Anda akan mendapatkan :
-. Gerobak
-. Peralatan masak bakar
-. Peralatan masak goreng
-. Kompor, tabung gas & regulatornya
-. Brosur
-. Spanduk
-. Poster
-. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
-. Kaos
-. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
~
Materi inti Training Pelayanan :
-. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
-. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
-. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
-. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
~
Silakan kunjungi web kami:
~
www.tulanglunakgerobakan.com
~
atau :
Telpon & HP :
081318374450 (Telkom)
08561070103 (Indosat)
081806396669 (XL)
021-94946600 (esia)
021-70264774 (Flexi)
Kantor: 021-4759274
PIN BB : 28C97C54
email : bumi.amrita@ymail.com
~
& dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
Menu-menu andalan kami adalah :
1. Ayam Bakar Tulang Lunak
2. Ayam Goreng Tulang Lunak
3. Pepes Ayam Tulang Lunak
4. PepesCeker Tulang Lunak
5. Bebek Bakar & Goreng
~
Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
- Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
- ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
~
Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
1. Program Dalam Kota
2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
Terdiri :
-. Paket Usaha Standar
-. Mesin Presto
-. Training Produksi
Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
Info lebih lanjut bisa dilihat di :
http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
~
Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
2 pepes ayam tulang lunak
2 pepes ceker ayam tulang lunak
2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
~
Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
& calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
~
Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
~
SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
~
~

Awards

Award dari SeptianPhotobucket
Award dari Judith dan LylaPhotobucket
Award dari Lyla dan MemmiPhotobucket
Tag Persahabatan dari Lyla dan JudithPhotobucket
Award dari HellenPhotobucket
Award dari GratciaPhotobucket
Award dari Sari RapetPhotobucket
Award dari EndonezyaPhotobucket
Award dari Astri AstronotPhotobucket

Friend's Banner

  © Blogger template 'Neuronic' by Kios Info 2008

Back to TOP