Menciptakan Perubahan

Seorang pemuda di Pulau Dewata Bali sedang berdiri di halaman rumahnya sambil seperti orang yang sedang melamun. Rupanya dia sedang berpikir bagaimana mendapatkan uang untuk membantu orang tuanya. Sejak keadaan ekonomi keluarga makin sulit, bapaknya tidak bisa menggarap sawahnya lagi. Hasilnya tidak sepadan dengan modal yang harus dikeluarkan. Alhasil sawah satu-satunya miliki mereka dibiarkan begitu saja.

Tapi tiba-tiba pemuda ini menemukan ide jitu. “Kenapa lahan sawah ini tidak dimanfaatkan untuk yang lain saja? Memancing misalnya.” Dan ketika idenya disampaikan pada sang ayah, terjadilah pro dan kontra. Di satu sisi ayahnya berpendapat mengolah lahan tersebut membutuhkan dana yang cukup besar. Apa jadinya bila nantinya gagal? Uang yang tersisa akan makin berkurang dan tidak cukup untuk modal usaha. Tetapi di sisi yang lain pemuda itu berpikir bahwa mereka harus berani melangkah, dan dia yakin berdasarkan perhitungannya usahanya kali ini pasti berhasil. Akhirnya disepakati bahwa tanah itu tetap akan dirubah menjadi sebuah area memancing.

Setelah melalui proses penggarapan sedemikian rupa, lebih kurang dua bulan kemudian jadilah sebuah kolam pemancingan sederhana. Ikan mas, ikan bawal, ikan nila, ikan gurami, dan lainnya pun memenuhi kolam itu. Pengunjungnya juga beragam mulai dari turis lokal dan turis manca negara. Dan kini pemuda itu sudah menjadi seorang pengusaha dan akan memperluas usahanya di tempat lain.

Sesungguhnya untuk menuju sebuah keberhasilan kita harus menciptakan perubahan. Masalahnya, seringkali kita terlalu lama dalam zona kenyamanan. Jabatan yang enak, gaji yang lumayan besar, lingkungan kerja yang nyaman membuat Anda dan saya menjadi terlena. Memang tidak mudah untuk melakukannya. Dibutuhkan keberanian, perhitungan tepat, proses dan keyakinan besar. Tetapi jangan terlalu asyik dengan menghitung dan menimbang-nimbang.

Keberanian

Si Pemuda tadi mempunyai keberanian untuk melakukan perubahan. Dia tahu jika terus berdiam diri tidak akan menghasilkan apa-apa. Merubah sawahnya menjadi sebuah kolam pemancingan pasti sangat aneh. Kenapa? Karena semua tetangganya mengolah sawah untuk hasil pertanian, tetapi dia malah nyeleneh sendiri. Tapi itulah hebatnya, berani berbeda untuk lebih maju.


Perhitungan Tepat


Di balik keberaniannya melakukan perubahan tersebut, dia melakukan perhitungan yang tepat. Dengan modal yang terbatas, dia merasa tidak boleh melakukan kesalahan sedikitpun.


Proses


Perubahan membutuhkan proses. Di sinilah Anda akan sering mengalami keraguan dan kekhawatiran. Bila rasa itu datang menghantui Anda, segera bangkitkan tujuan dan impian Anda. Bayangkan diri Anda sedang berada di puncak kesuksesan setelah bekerja keras. Rasakan nikmatnya memiliki penghasilan besar dari usaha Anda tersebut. Ba wa emosi Anda dalam titik yang tertinggi. Lebih baik lagi bila Anda mendengarkan lagu-lagu seperti "Final Countdown" yang bisa mwmacu adenalin dan semangat juang serta pikiran positif lainnya.

Keyakinan yang Besar


Saya yakinkan Anda, proses seberat apapun dalam menjalankan sebuah pekerjaan / usaha pasti bisa Anda lewati dengan baik, karena proses perubahan itu akan berbuah keyakinan yang besar. Dan keyakinan yang besar itulah yang menyebabkan Anda mampu bekerja keras untuk mencapai keberhasilan usaha Anda. Seperti pemuda yang saya ceritakan kepada Anda, hasil yang dicapai adalah yang terbaik. Semoga menginspirasi Anda.


0 komentar:

Awards

Award dari SeptianPhotobucket
Award dari Judith dan LylaPhotobucket
Award dari Lyla dan MemmiPhotobucket
Tag Persahabatan dari Lyla dan JudithPhotobucket
Award dari HellenPhotobucket
Award dari GratciaPhotobucket
Award dari Sari RapetPhotobucket
Award dari EndonezyaPhotobucket
Award dari Astri AstronotPhotobucket

Friend's Banner

  © Blogger template 'Neuronic' by Kios Info 2008

Back to TOP