Bagaimana Kita Bisa Disebut “kaya” Secara Finansial?

Ada banyak pendapat tentang “kaya” secara finansial. Sebagian orang beranggapan memiliki beberapa mobil mewah, rumah besar, dan bepergian ke luar negeri dapat disebut “kaya”.

Beberapa tahun lalu seorang rekan saya menjadi miskin dalam waktu satu malam saja. Sebuah pabrik, rumah mewah, beberapa mobil mewah, dan surat-surat berharga harus disita bank. Ternyata aset yang mecapai nilai trilyun tersebut tidak cukup untuk membayar hutangnya. Alhasil dalam sekejap semuanya ludes dan menjadi miskin mendadak.

Rekan saya tersebut seperti orang kaya, namun sesungguhnya dia tidak kaya. Untuk mengerti mengerti dengan jelas, saya akan tunjukkan kepada Anda tentang definisi dari "kaya", yaitu:

  • Financial Protection
    Artinya, suatu keadaan di mana kondisi keuangan kita aman untuk waktu minimal 2 tahun tanpa harus bekerja.

  • Financial Security
    Artinya, suatu keadaan di mana kondisi keuangan kita aman untuk memenuhi semua kebutuhan kita meskipun tanpa harus bekerja (biasa orang menyebut passive income). Kebutuhan-kebutuhan itu antara lain: angsuran rumah, pajak, biaya pembayaran listrik, air, asuransi, biaya makan, transportasi.

  • Financial Vitality
    Artinya, suatu keadaan di mana kondisi keuangan kita aman untuk memenuhi financial security dan beberapa kebutuhan lainnya, antara lain: biaya pendidikan anak, biaya bersenang-senang (hiburan dan refreshing), biaya memenuhi kebutuhan sekunder (mobil, pakaian mahal).

  • Financial Independence
    Artinya, suatu keadaan di mana kondisi keuangan kita aman bisa memenuhi kebutuhan yang kita inginkan sekarang. Maksud saya, segala kebutuhan kita bisa terpenuhi kondisi karena kita benar-benar passive income (bekerja bukan karena “harus”, tetapi bekerja karena “ingin”). Misalnya, hari ini ingin jalan-jalan ke luar negeri. Itu berarti kita tidak perlu khawatir dengan pekerjaan kita, sebab meskipun ditinggal jalan-jalan bisnis tersebut tetap menghasilakn income.

  • Financial Freedom
    Artinya, kita suatu keadaan di mana kondisi keuangan kita sangat aman. Bukan lagi kita bekerja untuk uang, tetapi uang yang bekerja untuk kita.

  • Absolute Financial Freedom
    Artinya, suatu keadaan di mana kondisi keuangan kita secara nyata bisa membuat kita mendapatkan apapun yang kita inginkan, kapanpun kiita inginkan, ke manapun kita ingin pergi, dengan siapapun kita ingin pergi, sebanyak dan selama apapun kita inginkan.
Apakah mungkin Anda mencapainya? Sangat mungkin! Semua orang dapat mendapatkan kondisi seperti di atas. Caranya? Silahkan Anda menjelajah artikel-artikel lainnya dan Anda akan mendapatkannya. Semoga terinspirasi.

0 komentar:

Awards

Award dari SeptianPhotobucket
Award dari Judith dan LylaPhotobucket
Award dari Lyla dan MemmiPhotobucket
Tag Persahabatan dari Lyla dan JudithPhotobucket
Award dari HellenPhotobucket
Award dari GratciaPhotobucket
Award dari Sari RapetPhotobucket
Award dari EndonezyaPhotobucket
Award dari Astri AstronotPhotobucket

Friend's Banner

  © Blogger template 'Neuronic' by Kios Info 2008

Back to TOP