Apakah Zaman Dulu Lebih Maju dari Zaman Sekarang?

Apakah zaman sekarang Anda pikir lebih maju dari zaman dahulu? Mungkin iya. Tapi mungkin juga tidak setelah Anda membaca artikel ini. Hal ini sangat mungkin mengingat bukti-bukti yang telah ditemukan dan diselidiki para ilmuwan. Silahkan Anda tercengang dan melongo setelah membacanya sendiri.

Penemuan Baterai Dari Baghdad, Iraq
Pada tahun 1930, ahli arkeologi Austria, Dr Wilhem Konig yang melakukan misi penggalian di daerah Khujut Rabula, dekat Baghdad, menemukan suatu obyek aneh tertanam di area itu.

Obyek tersebut terdiri dari silinder tembaga, batang besi serta aspal yang disusun dalam sebuah bekas tanah liat seperti tempayan kecil setinggi 14 cm dan berdiameter 8 cm. Penyelidikan lanjutan mendapati objek aneh itu ternyata berfungsi seperti baterai. Diperkirakan baterai kuno itu sudah berusia 2000 - 50000 tahun yang lalu!

Penemuan menggemparkan itu langsung mematahkan penemuan sejarah baterai sebelumnya. Sejarah baterai diketahui pertama kali ditemukan pada tahun 1800 oleh Count Alessandro Volta.

Penemuan itu juga secara tidak langsung menunjukkan masyarakat purba pada 5000 tahun yang lalu sudah mengenal tenaga elektrik sekaligus menyangsikan Michael Faraday sebagai penemu induksi elektromagnetik dan hukum elektrolisis pada tahun 1831.
Penelitian lebih lanjut mendapati baterai kuno itu mampu menghasilkan tenaga elektrik antara 1.5 volt hingga 2 volt.

Kalkulator Kuno.
Pada tahun 1901, penyelam di perairan pulau Antikythera yang bernama Greece menemukan artifact berusia lebih 2000 tahun dari sebuah reruntuhan di dasar laut. Artifact yang menyerupai jam itu diteliti oleh Derek.J.De Solla Price dan didapati berfungsi sebagai ‘kalkulator’ yang bisa menghitung pergerakan bintang dan planet. Luar biasa bukan?

Reaktor Nuklir Berusia Dua Juta Tahun.
Pada tahun 1972, sebuah reaktor uranium yang diperkirakan berusia dua juta tahun lalu ditemukan di Oklo di Republik Gabon, Afrika. Penelitian reka bentuk dan struktur benda purba itu menunjukkan bahwa benda tersebut mengandung radioaktif sangat besar. Bahkan teknologi reaktor dan metode yang digunakan pada zaman purba itu jauh lebih canggih daripada metode reaktor nuklir digunakan pada zaman modern ini.

Penemuan itu menunjukkan manusia pada dua juta tahun lalu sudah menguasai teknologi atom dan menggunakan sumber nuklir sebagai sumber tenaga untuk digunakan sehari-hari atau bahkan untuk berperang.

Lensa Optik.
Di lokasi yang sama dengan penemuan baterai kuno di Baghdad, Iraq; juga ditemukan lensa optik purba yang usianya dperkirakan 2200 tahun.

Lensa purba sebesar kira-kira dua ibu jari itu dijumpai dengan bagian kacanya sedikit retak. Sebelum penemuan menggemparkan itu, lensa dikatakan pertama kali diciptakan di Eropa pada abad ke-16. Bagaimanapun penemuan lensa kuno itu menunjukkan masyarakat purba sudah lama mengetahui metode membuat lensa serta mengaplikasikannya dalam kehidupan.

Jantung Buatan
Di dada kiri mummy anak lelaki dalam sebuah piramid Mesir, peneliti menemukan jantung buatan. Sejarah ilmu obat-obatan pada masa kini memperlihatkan jantung buatan hanya dihasilkan beberapa puluh tahun lalu. Tetapi dengan adanya penemuan itu menunjukkan jantung buatan sudah dibuat dan dipasang pada 5000 tahun lalu. Hebat bukan?

Robot
Pada zaman pemerintahan Kaisar Mu (976 hingga 922 SM) di China, Ma Daifeng yang dikenal seorang yang hebat dan jenius telah menciptakan aplikasi robotik yang sistem kerjanya menggunakan mekanisme mechanical. Robot yang diciptakan tersebut bisa bernyanyii, menari seperti manusia, dan membawa peralatan kepada tuannya. Selain itu robot tersebut mempunyai organ tubuh seperti tulang, otot, sendi, kulit dan rambut. Ma Daifeng pada zaman itu juga menciptakan alat untuk merekam jarak perjalanan. Yang tak kalah hebatnya si jenius Ma juga menciptakan robot yang mampu bekerja tanpa dikontrol manusia.

Kendaraan
Ukiran purba ditemui di sebuah kuil Kerajaan Mesir Purba di Abydos, Mesir menunjukkan gambar kendaraan sepeeti yang kita temui pada zaman sekarang ini. Padahal ukiran tersebut diteliti dan diperkirakan dibuat lebih dari 3000 tahun yang lalu. Gambar kendaraan yang jelas kelihatan adalah helikopter, kapal selam, kapal boat dan pesawat terbang. Pada tahun 1898, di sebuah makam kuno berusia kira-kira 2200 tahun di Saqquara, Mesir, juga pernah ditemukan replika pesawat yang formatnya mirip dengan pesawat terbang modern yang bisa kita temukan sekarang.

Saya berusaha mencari gambar tentang semua itu di sana - sini tapi belum dapat juga. Semoga informasi singkat ini berguna untuk menambah pengetahuan Anda.

38 komentar:

marsudiyanto November 27, 2008 at 5:59 AM  

Menurut saya, tiap jaman memiliki kemajuan, sehingga saya tak sependapat dengan orang yg mengklasifikasi ada kuno ada modern.
Tiap jaman juga memiliki kemunduran, maksud saya, saat ada bagian yg keliatannya maju, disaat yang sama ada bagian lain yang mundur.
Demikian pendapat saya, orang lain boleh tak sependapat.
Sukses buat Kios Info

kuyus November 27, 2008 at 7:19 AM  

menurut saya, ketetapan teknologi itu udah ada jauh sebelum manusia ada di bumi.

ada yang telah dikembangkan manusia dan digunakan untuk mempermudah cara hidupnya, dan ada yang masih menjadi ketetapan sang pencipta dan belum mampu ditelaah oleh akal pikir manusia sekarang.

setuju dengan mas Marsudiyanto, mungkin jaman dulu teknologi udah lebih maju.. tapi belum bermanfaat untuk orang banyak. hanya digunakan oleh orang-orang tertentu.

jaman sekarang pun, teknologi yang mutakhir juga bisa membawa malapetaka dan kehancuran di muka bumi.

http://www.dausohdaus.com

mingto, obsesion seleb November 27, 2008 at 7:21 AM  

saya tetap tidak setuju mas. menurutku, sekaranglah yg lebih mju dari pada jaman dlu yg norak.Sekarang liat z, teknologi begitu majunya.

Ivana November 27, 2008 at 8:13 AM  

jaman sekarang rasanya lebih maju dari jaman dulu..jaman dulu kan belum ada blog,hehehe..warmest regards from
funny humor
blog

Lyla November 27, 2008 at 8:17 AM  

jaman sekarang teknologi lebih maju sampai pergaulan pun tanap gak keruan...

Syahenim November 27, 2008 at 9:11 AM  

bingung ...., tapi gak apa-apa, khan bikin sebagian dari kita jadi berfikir, lantas giat menyelidiki, lalu menemukan fakta-fakta baru, kemudian melakukan cross cek dan akhirnya ... bingung lagi, he he he

Seno November 27, 2008 at 9:58 AM  

yups setuju sama Mas Marsudianto. Ada yang datang ada yang pergi. Ada kemajuan ada kemunduran. Ada yang baru yang lama hilang, padahal yang lama belum tentu lebih buruk dari sekarang.

salam bung

DShock November 27, 2008 at 10:27 AM  

dari dulu yang namanya teknologi emang sudah ada...n sekarang teknologi tambah maju...tambah inovatif...n tambah nggak karuan kadang2.... hehehe

it's bdh November 27, 2008 at 10:37 AM  

nice info bro, jadi ngeh deh sekarang :-)

ipanks November 27, 2008 at 11:44 AM  

hehehe zaman dulu dan sekarang kayanya sama aja. y memang sih ada perubahan tapi perubahanna kan sesuai utk jaman msg2.btw gambarnya serem

Ned November 27, 2008 at 12:09 PM  

Hohoho...

jaman dulu lebih maju nih :)

gatelgaruk November 27, 2008 at 12:39 PM  

jagh...
ternyata,,,

L The Lionheart November 27, 2008 at 12:47 PM  

antara percaya dan tidak percaya nih...
semoga fotonya bisa cepet ketemu ya hehe (emangnya hilang hehe) biar lebih yakin gitu....

Nyante Aza Lae November 27, 2008 at 12:57 PM  

mas Darwin berteori...manusia berasal dari...???

Chang 'd Mods November 27, 2008 at 1:03 PM  

ooooh itu ...

Campur tangan teknologi dari luar bumi.

Hellen November 27, 2008 at 1:55 PM  

Tidak disangkal memang, kemajuan teknologi sudah ada sejak dulu... jaman sekarang adalah pengembangan dari temuan dan teknogi jaman dulu sekaligus pembaharuan...

It's my mind :)
SALAM SUKSES !!!

Kristina Dian Safitry November 27, 2008 at 2:04 PM  

aku anak kemarin sore. lom begitu tahu dengan perkembangan zaman.hi..hi..

Endonezya November 27, 2008 at 3:18 PM  

ternyata lebih maju Indonesia, di Indonesia sudah memakai teknologi wireless... buktinya, biar di gali tanahnya ampe dalem... gak nemuin apa2....

Seno November 27, 2008 at 4:14 PM  

Makasih Kunjungannya.

Tentang KCC : Cerita Rakyat Romantis, tentu boleh, justru malah seru. Ditunggu ya?

PRIWA November 27, 2008 at 5:01 PM  

ya memang bynk kemungkinan yg terjadi,mungkin saja dulu sudah benar2 maju tp hancur akibat ulahnya sendiri,sehingga yg masih hidup adalah org2 yg bersembunyi di gua2,dan berkembang biak sampai saat ini

sandy November 27, 2008 at 5:32 PM  

yap tiap jaman pasti memiliki kekurangan dan kelebihan,kalo jaman sekarang banyak kekurangan,ya sekarang kitalah yang harus memperbaikinya...

sarirapet November 27, 2008 at 6:55 PM  

wadoh jaman jebot saja sudah sebegitu canggihnya! seeppp... keep posting keep sharing my friend...

Zippy November 27, 2008 at 8:11 PM  

Wew, udah ada to teknologi canggih dijaman dulu...
Hmmm, baru tau gue.... :D

JALOE November 27, 2008 at 8:16 PM  

wkwkw.. setidaknya kita jangan remehkan orang2 dulu yach

Rahmi November 27, 2008 at 8:30 PM  

Wedew....memi baru tau tuh kyk gitu...ternyata maju juga yaa...ayo semangaaat buat semuanyaaaa....tetaplah blogwalking dan mampir ke blog ku (teteup..)

LINDA November 27, 2008 at 8:45 PM  

ternyata zaman skrg cm meneruskan yg sdh ada yaa...hhmmmm...
nice pst mas....

yoyo November 27, 2008 at 9:14 PM  

klo menurut saiya siy, zaman dulu itu adalah zaman dimana penemuan-penemuan bermula, dan pada zaman sekarang inilah penemuan-penemuan tadi dikembangkan sehingga bisa dimaksimalkan lagi penggunaannya oleh kita saat ini.

JudithNatalia November 27, 2008 at 9:28 PM  

Aku cuma mau ngomentari gambarnya,hahaha...kebayang kalo aku hidup dijaman dinosaurus!

Blogger Addicter November 27, 2008 at 10:17 PM  

yang jelas zaman sekarang lebih edan dari zaman doloe...hehehe

^^ CaCa ^^ November 28, 2008 at 12:08 PM  

nice post bro :) jadi nambah pengetahuan na :D

Bigyst November 28, 2008 at 2:25 PM  

wah...wah...wah...bener2 manusia ciptaan Tuhan begitu menakjubkan

Bigyst November 28, 2008 at 2:25 PM  

apa bener ya...itu semuanya ada????secepatnya tampilin gambar2nya bro kalo dah ketemu

Sulae November 30, 2008 at 6:33 PM  

Hmmmm.. gimana yaahh...masih rada-rada gak percaya nih...

Soir yaa om...hehehehe pisss

gloria December 2, 2008 at 11:39 AM  

nice post

TUKANG ARSIP December 5, 2008 at 2:49 PM  

di setiap zaman selalu ada sj kemajuannya...

Minda Bistari October 6, 2009 at 9:40 PM  

Perhatikan Ayat[9]Surah(RUM)dalam AlQuran.
"
Tidakkah mereka telah berjalan dan mengembara di muka bumi, serta memerhatikan bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu dari mereka? Orang-orang itu lebih kuat daripada mereka sendiri, dan orang-orang itu telah meneroka bumi serta memakmurkannya lebih daripada kemakmuran yang dilakukan oleh mereka, dan orang-orang itu juga telah didatangi oleh Rasul-rasulnya dengan membawa keterangan-keterangan yang jelas nyata (lalu mereka mendustakannya dan kesudahannya mereka dibinasakan). Dengan yang demikian, maka Allah tidak sekali-kali menganiaya mereka, tetapi merekalah yang menganiaya diri sendiri.
"
----- Jadi fikirlah sendiri -----

Ariyo Arinsa Putra August 19, 2013 at 9:21 AM  

Infonya keren nih, tapi kevalidan infonya perlu dipertanyakan. Kalo emang bener2 valid bisa jadi referensi yang bagus nih. :D

IsmaiL RoziQi September 15, 2013 at 6:37 PM  

adanya masa depan karena adanya masa lalu, bisa saja di anggap kemajuan saat ini adalah pengembangan dari masa lalu...
seperti penjelasan dari artikel diatas, ditulis Mummy anak laki-laki memakai alat bantu Jantung Buatan... dan itu berusia 5000 tahun silam.. ?!

Awards

Award dari SeptianPhotobucket
Award dari Judith dan LylaPhotobucket
Award dari Lyla dan MemmiPhotobucket
Tag Persahabatan dari Lyla dan JudithPhotobucket
Award dari HellenPhotobucket
Award dari GratciaPhotobucket
Award dari Sari RapetPhotobucket
Award dari EndonezyaPhotobucket
Award dari Astri AstronotPhotobucket

Friend's Banner

  © Blogger template 'Neuronic' by Kios Info 2008

Back to TOP