Kebiasaan Buruk Yang Merusak Otak

Setiap hari kita menjalankan aktifitas seperti biasa. Mulai tidur, bangun tidur, sarapan pagi, bekerja / bersekolah / beraktifitas lainnya. Ternyata di dalam rutinitas tersebut kita sering kurang menyadari ada bahaya yang mengancam. Artinya, ada kebiasaan tertentu yang bisa merusak otak kita. Apakah kebiasaan - kebiasaan itu? Silahkan lanjutkan bacaan Anda.

  1. Tidak Mau Sarapan.
    Banyak orang yang menyepelekan sarapan. Padahal tidak mengkonsumsi apapun di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak. Sarapan yang terbaik di pagi hari bukanlah makanan berat seperti nasi goreng spesial, tetapi cukup air putih dan segelas jus buah segar. Ringkas dan berguna untuk tubuh!

  2. Kebanyakan Makan.
    Terlalu banyak makan mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun orang pada menurunnya kekuatan mental. Jadi makanlah dalam porsi yang normal. Biasakan menahan diri dengan cara berhenti makan sebelum Anda kekenyangan.

  3. Merokok.
    Jika rokok memiliki segudang efek buruk, semua orang pasti sudah tahu. Dan ada satu lagi efek buruk rokok yang terungkap di sini. Merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak! Bayangkan, otak manusia lama kelamaan bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya karena rajin menghisap benda berasap itu. Tak ayal di waktu tua bahkan pada saat masih muda sekalipun, kita rawan alzheimer (alzheimer adalah penyakit pikun).

  4. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula.
    Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu. Karena itu, kurangi konsumsi makanan manis favorit Anda.

  5. Polusi Udara.
    Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.

  6. Kurang Tidur.
    Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan. Tapi jangan juga kebanyakan tidur karena bisa membuat Anda menjadi pemalas yang lamban. Sebaiknya tidur 6-8 jam sehari agar sehat dan bugar.

  7. Menutup Kepala Ketika Sedang Tidur.
    Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak.

  8. Berpikir Terlalu Keras Ketika Sedang Sakit.
    Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak. Sudah tahu sedang tidak sehat, sebaiknya istirahat total dan jangan forsir otak Anda.

  9. Kurangnya Stimulasi Otak.
    Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir akan membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal. Rajin membaca, mendengar musik dan bermain (catur, scrabble, dll) membuat otak Anda terbiasa berpikir aktif dan kreatif.

  10. Jarang Bicara.
    Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak. Jadi jangan terlalu bangga menjadi pendiam. Obrolan yang bermutu sangat baik untuk kesehatan Anda.
Menyusun artikel begini bikin mumet juga :-D Semoga berguna bagi Anda.

49 komentar:

daus oh daus November 24, 2008 at 4:48 AM  

waduh.. jangankan kebiasaan2 seperti itu. sekarang ini makanan sehari-hari aja tanpa kita sadari banyak yang tidak sehat.

mengandung formalin lah, racun serangga lah, plastik lah, melamin lah, zat perwarna lah, bla.. bla.. bla.

gimana mo sehat coba??

manusia biasa November 24, 2008 at 6:48 AM  

waduhhhhhhhhhhhhh brooooo manusia biasa kena yang mana masalahnya hampir semuanya.....
tapi setidaknya kita sebaimana manusia biasa hanya bisa mencoba menghindari...... oKKKKK

nice post bos

Septian November 24, 2008 at 6:51 AM  

makanya..neblog biar otak sehat..wkwkwkw..klo buta org yg suka copas, itu berarti otaknya sakit atau lebih parah lagi ga punya otak..hehehe

sukses slalu bro..

RiP666 November 24, 2008 at 8:11 AM  

waduhhhh...
kayaknya aku kena poin 11 deh...

11. lupa PUP di pagi hari.

jadi suka mules di kampus wkwkwkwwkwk

aprie November 24, 2008 at 8:24 AM  

wah kayanya ada satu poin kena tuh..

Bagus Pras November 24, 2008 at 8:27 AM  

saya setuju point 1. Selain memang menyehatkan, juga termasuk murah. Apalagi tanpa jus buah. Lebih murah lagi ....he he he

Ulie Azhar November 24, 2008 at 8:48 AM  

Hm...

1. Barusan selese sarapan nih! *bangga*

2. Wah, jangan sampe deh!

3. Ini nih...

4. Wah, gw ada keturunan diabetes euy! *crying*

5. Hm, Jakarta..?

6. Hueee.. sekarang pun aku blom tidur, malah mo pegiii...

7. Alhamdulillah kayanya sih ngga punya hobi gitu ^^

8. Hm, depend on, saat lagi sakit itu aku punya masalah ato nggak?

9. Membaca (yes), mendengar musik (absolutely), bermain catur ato scrabble (hm, ga bisa catur dan ga punya scrabble, gemana nih?)

10. Ohh, gampang.. aku cerewet kok! Hwakaka...

elmo November 24, 2008 at 8:50 AM  

wah..info yang bagus! :)

Papa Zakiyya November 24, 2008 at 8:57 AM  

wah kalu aku kena point yg ke-1, jarang sarapan... trims info yg menarik

niTnOt November 24, 2008 at 9:55 AM  

bagus banget info-na...
mudah2an kita bisa hindaRi yach..
tapi untuk polusi udaRa?..
waduch..cucaahhh....


teyus cemangaT... :)

Lyla November 24, 2008 at 9:56 AM  

melakukan sesuatu yang belebihan gak baik ya gak?

Anna 'dTeepZ November 24, 2008 at 10:04 AM  

point no 1 sepp dah.......

Seno November 24, 2008 at 10:07 AM  

yup setuju ama Mba Lyla. semua sesuai kadarnya akan sangat bagus. diam berlebihan tidak bagus, tapi terlalu banyka omong juga tidak bagus.

kalo rokok sih emang ada tulisannya dibungkus kan, merokok bisa bikin kanker alias kantong kering he..h.e.

baca juga artikelku tentang:
"Kendedes saksi mata pembunuhan suami2nya"

Anna 'dTeepZ November 24, 2008 at 10:09 AM  

postingannya cocok buat para blogger yang suka gak teratur aktifitasnya nih

iksan November 24, 2008 at 10:22 AM  

waspadalah ......dari salah satu point diatas

david November 24, 2008 at 10:31 AM  

Wah Makasih Infonya....salah satunya ada kebiasaan aQ....apalagi kalo bukan smoke

^^ CaCa ^^ November 24, 2008 at 10:41 AM  

waahhh.. yang ke enam :D
tapi klo sekali na tidur.. jadi kaya 'balas dendam' gt.. hehee..
Nice post bro :D Jbu

Panda November 24, 2008 at 11:05 AM  

kok kebiasaan ngintip ga masuk list broth ? :D

Berita Aneh November 24, 2008 at 12:01 PM  

mantap Sob Infonya... jadi pengen sarapan mulu niy.. hehehe nice artikel kawan...

Dews November 24, 2008 at 12:44 PM  

Nice info...

Keep posting bro... :)

belly wijaya November 24, 2008 at 1:03 PM  

boleh nambahin? kebiasaan terlalu lama didepan layar kompi,hehe... :)

nice post!

tyas November 24, 2008 at 1:09 PM  

wah... kok banyak kebiasaanku yg tertulis disitu ya...

ntar kalo makan dikit aja deh... jangan 3 piring kaya tadi...

- s L i K e R s - November 24, 2008 at 1:36 PM  

Saya ga pernah sarapannnnnnnnn.. setiap sarapan pasti nanti akan sakit perut mules2, jadi gak sarapan deh... huhuhu...


-s L i K e R s -

muhammad arief November 24, 2008 at 2:19 PM  

1 Tidak Mau Sarapan.
wah kalau yang ini ngk pernah lewat.
2 Kebanyakan Makan.
Justru sekarang lagi ngurangin diet broo
3 Merokok.
Sedang mencoba untuk meningalkannya.

4 Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula.
Kayaknya ngk begitu suka

5 Polusi Udara.
Nah ini dia kerjaan gw banyak di luar broo (jalanan) tapi di usahakan naik motor pk masker

6 Kurang Tidur.
Kalau yang ini masih susah untuk ninggalin karna emang udh dari sononya susah tidur

7 Menutup Kepala Ketika Sedang tidur.
kalau ini ngk pernah.

8 Berpikir Terlalu Keras Ketika Sedang Sakit.
alhamdulilah ngk

9 Kurangnya Stimulasi Otak.
bangun pagi aja otak udh muter maklum banyak tanggungan

10 Jarang Bicara.
Ngk pernah berhenti bicara malah bini gw bilang gw bawel hee.hee

Yunihadi Indra R November 24, 2008 at 2:21 PM  

Saya 100% setuju dengan point - point yang ditulis di atas, sesuatu yang kadang kita anggap sepele tapi ternyata berpotensi merusak otak kita...

Endonezya November 24, 2008 at 2:24 PM  

waduh.... banyak kebiasaan saya yang di tulis.... mesti revolusi diri nih!!!

Tukang Ngopi November 24, 2008 at 2:37 PM  

wah ane masih doyan ngerokok ni bro, habisnya kalo udah kecanduan susah juga sih

LINDA November 24, 2008 at 2:54 PM  

kebiasaan merokok ku yg susah aq hilangkan hiks...pliss help me...

PRIWA November 24, 2008 at 3:05 PM  

nice info, sip deh kayanya semua point diatas lulus deh hahahahaha

mingto, obsesion seleb November 24, 2008 at 3:06 PM  

Asataga.... saya banget semunya. Waduh.. harus jalani hidup yang baik nih!! makasaih yah bro atas infonya. Aku mau sehat... biar sakit hati melulu

Setiaji November 24, 2008 at 3:33 PM  

Saya cuma yg nomor 3 doank kok hehehehe ... mudah-mudahan gak sampe rusak otakku :D

-Setiaji-
www.kodokijo.net

Budiawan Hutasoit November 24, 2008 at 3:53 PM  

ada yang kurang tuh kebiasaan buruknya..

ngeblog sambil tidur.
apalagi ngeblog di belakang truk container yang sedang mundur..
bahaya bro'

Ocim November 24, 2008 at 4:32 PM  

wah kebiasan merokok kayaknya sulit untuk langsung di stop, plus kebiasan makan di pagi hari kayaknya harus diubah nih soalnya saya udah ngga pernah lg makan pagi hari minimal saya makan jam 10

Sndinario November 24, 2008 at 5:25 PM  

Mungkin ada perubahan jam kerja..sarapan pagi bisa terlaksana seluruh nusa dan bangsa boss...

Sulae November 24, 2008 at 6:29 PM  

Woow tidak sarapan di pagi hari ternyata bisa bikin otak kita jadi berkurang yaa performanya...

hmm kalo dah kebiasaan gimana yaah... waah banyak nih yg mesti dibenahi biar otak ttp encer... hehehehe

Zippy November 24, 2008 at 6:49 PM  

Wah, gue tidur'x kurang banget, hehehe...
Belum lagi pagi nggak pernah sarapan, perut gue sakit soal'x kalo sarapan pagi, hehehe...

mister chevot November 24, 2008 at 7:21 PM  

No.2 ,5,6 8 di pernah dilakuin, mudah2an gak ampe bikin otak rusak :-)
KLo Nge-blog bisa ngerusak Otak jg ga? ..hehehe

Fitriansyah November 24, 2008 at 7:33 PM  

waduhh koq gue banget ya??

dhyarga alfin November 24, 2008 at 7:48 PM  

Walah...pantesan aza kepalanya dhyarga makin mengecil...hehehe...*kalo di cukur botak*..

funny humor November 24, 2008 at 11:27 PM  

hiii...takuut...kalo saya sih bermasalah di waktu tidur,soalnya waktu tidur biasanya saya pangkas untuk ngeblog,hehehe..

ifoell November 24, 2008 at 11:28 PM  

kebiasaan yg ketiga nih kayaknya sulit aku ubah.. minta tipsnya dong.. :-)

devianty November 25, 2008 at 3:33 AM  

makanya..ngeblog..harus banyak senyum biar engga kram otak trim

jingga November 25, 2008 at 7:19 AM  

wah, jarang bicara juga termasuk ? um...klo gt ngeblog bisa jadi alternatif juga tuh biar maintaining otak, ngeblog kan bicara juga :D

nice posting bro !!!

Anthony Harman November 25, 2008 at 6:10 PM  

Jangan2 itu tanda2 orang yang udah ketagihan ngeblog:)

Nyante Aza Lae November 26, 2008 at 3:18 PM  

poin 3...kapok deh gw...

ipanks December 1, 2008 at 7:43 PM  

ooo itu tho penyebabnya?

TUKANG ARSIP December 5, 2008 at 2:52 PM  

kebiasaan itu memang tdk bs dihilangkan dengan mdh...tetapi hrs bertahap

gloria December 11, 2008 at 11:50 AM  

11. ngeblog tiap hari

Kemal Abdul Nazer May 30, 2012 at 11:32 PM  

terima kasih pencerahannya :)

Awards

Award dari SeptianPhotobucket
Award dari Judith dan LylaPhotobucket
Award dari Lyla dan MemmiPhotobucket
Tag Persahabatan dari Lyla dan JudithPhotobucket
Award dari HellenPhotobucket
Award dari GratciaPhotobucket
Award dari Sari RapetPhotobucket
Award dari EndonezyaPhotobucket
Award dari Astri AstronotPhotobucket

Friend's Banner

  © Blogger template 'Neuronic' by Kios Info 2008

Back to TOP