Apa Kata Orang Singapore Tentang Indonesia?

Bila kita mendengar orang luar negeri selalu mengatakan "Your country (Indonesia) is so rich" sepertinya biasa saja. Tetapi mungkin Anda perlu mengetahui tentang pengalaman seorang sahabat saya yang bercerita, bagaimana pendapat seorang temannya yang berprofesi sebagai pengusaha dari Singapore tentang Indonesia! Silahkan menyimaknya sendiri....

"Indonesia tidak membutuhkan dunia, tetapi dunia yang membutuhkan Indonesia. Apa saja bisa ditemukan di Indonesia. Dunia sulit bertahan tanpa Indonesia karena Indonesia adalah paru-paru dunia. Bila hutan di Kalimantan semua ditebangi, dunia pasti akan kiamat. Dunia yang butuh Indonesia !"

"Kami (Singapore) tidak bisa kaya tanpa Indonesia. Kurang lebih sebanyak 500.000 orang Indonesia berlibur ke Singapura setiap bulan. Apakah terbayang di benak Anda berapa uang yang masuk ke Singapore? Apartemen-apartemen dan condo terbaru dan mahal yang membeli sebagian juga orang-orang Indonesia. Apakah Anda juga mengetahui bahwa rumah sakit di Singapore banyak terisi pasien dari Indonesia?"

"Apakah Anda mengetahui Bulan Agustus yang lalu terjadi krisis beras yang besar? Bahkan termasuk di Singapura dan Malaysia juga mengalaminya? Anda di Indonesia dengan mudahnya mendapatkan beras."

"Lihatlah negara Anda. Air bersih mudah didapatkan di mana-mana. Lihatlah negara kami (Singapore). Air bersih pun kami harus membeli dari Malaysia . Saya pernah ke Kalimantan, bahkan pasir pun mengandung permata. Terlihat glitter kalo ada matahari bersinar. Petani di sana menjualnya Rp. 3000/kg ke sebuah pabrik Negara China. Dan pabrik di negara China menjualnya kembali seharga Rp. 30.000/kg. Saya melihatnya sendiri."

"Apakah Anda sadar bila negara-negara lain selalu takut meng-embargo Indonesia? Ya, apalagi jika bukan karena negara Anda memiliki segalanya. Mereka takut jika kalian menjadi negara yang mandiri. Seharusnya negara Anda yang meng-embargo negara Anda sendiri. Belilah dari petani-petani Anda sendiri, belilah tekstil dan garmen dari pabrik-pabrik Anda sendiri. Anda tidak perlu mengimpor bila bisa memproduksi sendiri. Seharusnya Anda yang menjual ke luar negeri"

"Jika Indonesia bisa mandiri, jika Indonesia bisa meng-embargo diri sendiri, Indonesia akan benar-benar menguasai dunia."

59 komentar:

ifoell November 25, 2008 at 12:41 AM  

Tapi mengapa kita kadang merasa asing di negeri sendiri ya..??

banirisset November 25, 2008 at 3:32 AM  

keren banget postingannya sob. Sekalian mengomentari bung ifoel, bukannya kita merasa asing bung. Tapi memang sudah ada yang mensetting (merencanakan) agar kita asing dengan "kehebatan" alam kita itu sendiri.

Siapakah dia? Tentunya sang pemilik modal yang melihat segala sesuatunya diatas keuntungan..

Nice posting sob!!!

Didiet November 25, 2008 at 6:02 AM  

HIDUP INDONESIA

Septian November 25, 2008 at 7:28 AM  

sayang..sangat disayangkan..Indonesia isinya koruptor semua..gimana mau maju..

niTnOt November 25, 2008 at 7:31 AM  

bagus banget postingannya...

Indonesia emang kaya sebenRnya...
Kaya akan semuanya...
Namun sayang, terkadang kita yang kurang menyadaRi potensi bangsa kita sendiRi..bahkan lebih peRcaya ma produk luaR negeri..


tetP cemangaT...
BANGKITLAH INDONESIA.... :)

-G- November 25, 2008 at 7:32 AM  

Betul sekali. Sangking kayanya itu makanya semua berebut (rebutan) mau jadi pendulang yg paling kaya, akibatnya sama2 rugi, sbb hasilnya tidak maksimal untuk kesejahteraan tapi justru buat cakar2an, ya ancur2an lah hasilnya.

Gmana caranya supaya ga ancur, kayaknya itu yg musti dipikirkan (^^p)

iksan November 25, 2008 at 7:41 AM  

faktor yang utama kenapa indonesia gak pernah maju adalah karna para koruptornya gak pernah dihukum gantung.:P

Wiran November 25, 2008 at 7:49 AM  

Nice posting.
Orang lain melihat negara kita seperti itu, tapi orang kita sendiri merasa iri dengan kemakmuran negara lain... Lah yang salah lihat siapa ya...

Kojek November 25, 2008 at 7:49 AM  

Udah warisan, ya, segalanya warisan. dari kolonial duoeloe, ya hukumnya, ya sistemnya. Giamana mau maju???

Panda November 25, 2008 at 9:10 AM  

jadi Bung Karno semenit ah...

"berikan aku satu pemuda, maka akan kuguncang Indonesia. berikan aku sepuluh pemuda maka akan kuguncang Dunia!"

Panda cinta Republik ini, MERDEKA !

Edhoy November 25, 2008 at 9:27 AM  

Iya bener itu Boss, negara kita kaya sumber daya alam, banyak negara lain iri dgn kekayaan alam Indonesia. Tapi kenapa kok orang berduit malah suka plesir & shopping ke Singapore? Padahal itu produk impor dari Indonesia,sampe sana tinggal ganti Cap aja, di Sini kita bisa beli hrg tas 30.000.Disana harganya jadi 250 Dolar Sing, ya kok di beli juga? Padahal Bali, Bunaken, Lombok,dan banyak lagi, adalah Sasaran cita2 plesiran turis Dunia. Tapi kok ya orang indonesia Berobat aja malah ke Malaka, Singapore? Apa di Indonesia nggak ada Rumah Sakit yang Bagus?? Apa dokter Indonesia nggak Jago-jago, nggak ada yang pinter Gitu?? Lantas apa yang salah? Apa mungkin Rumah Sakit Bagus di Indonesia nggak ada yg murah?? Ternyata Alasan mereka yang suka berobat ke Malaka dan Singapore adalah, disamping Kualitas Hospital yg bagus,pelayanan yg baik, dan Dokter yg ramah2, Biayanya murah. Nggak percaya?? Coba aja. Bagaimana bangsa kita mau maju, kalau biaya RSU aja rakyat kita nggak mampu bayar??? So, mari kita Bangun bangsa ini, yessss !!!

Anthony Harman November 25, 2008 at 9:38 AM  

Indonesia negara yang kaya. Tapi rakyatnya yg kagak bisa ngelola.

b0nk3y November 25, 2008 at 10:16 AM  

iya yah... napa kita ga bersyukur ya? napa malah kita jadi orang guoblok yah?

david November 25, 2008 at 10:20 AM  

mantap boss...pendapat begituan yg di perlukan oleh bangsa kita

elmo November 25, 2008 at 10:40 AM  

Indonesia emang kaya, tapi orang Indonesia yang "miskin"

Bagus Pras November 25, 2008 at 11:07 AM  

kasian kita ya, negara yang katanya kaya tapi faktanya miskin. Kenapa??? karena pengusahanya bermental imperialis didukung pemerintahan yang kapitalis. Jadilah rakyat kita yang berpenghasilan serba minimalis. Halah....

aprie November 25, 2008 at 12:44 PM  

itulah Indonesia..
Kaya tapi miskin..
seharusnya kita bangga terhadap bangsa ini, namun terkadang malah malu sendiri melihat 'tikus-tikus' yang menggerogoti bangsa ini..

Fitriansyah November 25, 2008 at 12:49 PM  

Kapan indonesia, bisa mandiri...

it's bdh November 25, 2008 at 12:50 PM  

Mudah2an postingan ini gak pake pesan sponsor dari Gerindra atau partai politik yang lain, yang tiba2 aja perhatian sama petani dan pasar tradisional dan lain2....

Kalu negara kita kaya ya memang sejak dari jaman dulu sudah kaya, makanya banyak orang yang kaya raya...walaupun gak tahu dari jalan korupsi atau makan jatah orang lain....

Mungkin juga bukan kemiskinannya yang harus disalahkan tetapi sikap manja kita pada keadaan alam yang memang berlimpah dan serba gampang, sayur dimana-mana ada tinggal ambil dipematang sawah juga bisa :-)

Beras minta tetangga yang panen juga dikasih kok ;-)

Tapi (mungkin) yang kurang didaya-gunakan adalah isi kepala kita bahasa halusnya 'otak' sehingga kita jadi n=bangsa yang kurang kreatif dan inovatif, serba menunggu dan menjadi tempat orang lain jualan, karena kita memang bisa beli tapi tidak mencipta :-)

Kalau bangsa kita sejak dulu sudah menggunakan kapasitas kepala kita 70% saja maka kita tidak akan kalah dengan Jepang atau negara lain manapun :-)

Bagaimanapun saya cinta tanah airku dan semoga secepat mungkin semua anak bangsa bisa berpikir dan berbahasa yang seragam 'demi kelayakan bangsa' bukan cuma golongan dan partai aja....

hhhh panjang banget komenku ini he he

Jonbetta November 25, 2008 at 1:01 PM  

Yang sekarang memang di perlukan bangsa kita adalah sikap disiplin..bagi seluruh rakyatnya..

Seno November 25, 2008 at 1:04 PM  

yups, itu baru pendapat yang luar biasa. yah, minimal saling mendukung antar negara dengan tidak saling menjatuhkan. salam.

AREA 51 November 25, 2008 at 1:05 PM  

Indonesia pasti bisa jadi negara mandiri, saya dan Anda yang mengawalinya...

Judith November 25, 2008 at 1:06 PM  

Kadang kita ngliat rumput di halaman tetangga lebih hijau dibanding halaman sendiri,mungkin kita seperti itu ya?

GoMe Computer November 25, 2008 at 1:08 PM  

Memang indonesia ini Kaya Raya tetapi kenapa banyak yang melarat karena para pejabat dan pengusaha indonesia masih membodohi rakyat bawah, kalau pejabat indonesia bersih minimal 80% saja pasti indonesia sudah maju. makanya di pemilu nanti pilih saya jadi presiden.

Klik Promosi November 25, 2008 at 1:15 PM  

Negara indonesia adalah negara besar, tidak satu pun negara di dunia ini yang bisa mengalakan indonesaia. Amerika Serikat pun tunduk pada indonesia kalau Amerika menyerang indonesia, ya kita bakar aja semua hutan di indonesia . strategi bumi hangus pernah di coba di bandung.

nnosmile November 25, 2008 at 1:22 PM  

memang kaya
namun kurangnya kesadaran masyarakat tentang lingkungan
dan tentu saja mental para petinggi negara yang lemah, sehingga banyak terjadi korupsi

Zippy November 25, 2008 at 1:27 PM  

Sumpah, gue merinding bro baca'x. . .
Nggak pernah aja gue berpikir kayak gitu sebelum'x. . .
Indonesia emang DAHSYAT ruarrr biasa. . .
Yes..yes..yes..yes..!!

Maju terus Indonesiaku...!!!

Anna 'dTeepZ November 25, 2008 at 1:46 PM  

you must read this http://www.arielz.net/opini/indonesia-doesnt-need-the-world

LINDA November 25, 2008 at 2:26 PM  

Terharu saya bacanya.....
Saya bangga menjadi orang Indonesia ^_^ nice post mas...

Hellen November 25, 2008 at 3:13 PM  

Indonesia negara kaya.... tapi sayangnya... masih banyak orang yang nggak bertanggung jawab :)

papazakiyya November 25, 2008 at 3:18 PM  

terkadang ayam bisa mati di lumbung padi, begitu juga rakyat di Indonesia, bisa miskin dan kelaparan di negara yang katanya tanahnya tanah surga...
E.. tanya kenapa...?

Endonezya November 25, 2008 at 4:28 PM  

setelah baca postingan ini... kok saya malah merasa tersinggung ya..? Ayolah Indonesia... Sadar, Bangkit Dan Bergerak!!

Danker November 25, 2008 at 4:44 PM  

mulailah dr sekarang kawan kita bangkit...MERDEKA>>> by DAnKer

Witha November 25, 2008 at 6:08 PM  

Setiap orang harus punya kesadaran untuk mengelolah harta yang berlimpah ini.

negeriku adalah negeri terkaya di bumi ini

- s L i K e R s - November 25, 2008 at 6:49 PM  

Nah loh, kok di link yg dikasi anna d'tepz sama isinya sama artikel ini? Apakah ada copas - mengcopas disini? atau disana? heuheuheu...


- s L i K e R s -

kRucIaL November 25, 2008 at 7:17 PM  

ya trus mo gimana lagi, kita cuman orang kecil yang ga berpengaruh ap2... yang berpengaruh malah ngruk keunmtungan diri sendiri...

Anonymous November 25, 2008 at 7:44 PM  

ARTIKEL POSTING COPY PASTE, TRANSLATE DI -> http://www.arielz.net/opini/indonesia-doesnt-need-the-world. JANGAN COPAS ARTIKEL SESAMA BLOGGER INDONESIA! TOLONG HARGAI KERJA TEMAN2 BLOGGER!!!!

Kios Info November 25, 2008 at 8:44 PM  

@Anonymous - Ini artikel dapet dari kiriman email. Kalo Anda bilang copas dari rumah Anda ya aku cuma bisa senyum aja. thx buat tuduhan copasnya. Sukses untuk Anda.

Budiawan Hutasoit November 25, 2008 at 9:15 PM  

kalo kata Om Barack Obama...:

YES WE CAN!!

Anonymous November 25, 2008 at 9:21 PM  

Bukan menuduh, dan bukan saya pemilik artikel tsb, entah anda itu artikel dapet kiriman email atau bukan yg ngga jelas sumbernya di postingan ini. Carilah topik/artikel yg benar asli pemikiran pribadi/kalau dpt email/source dari luar tlng diposting juga biar ngga salah paham. Dari situ ntar ketahuan asal-usulnya dan andaikata ada artikel sama, kesalahan bukan mutlak terletak pada anda, sehingga keharmonisan teman2 blogger tetep terjaga. Saya tidak menyalahkan anda dan sekali lagi sy tekankan untuk menghindari "salah paham" aja. Ok.

arielz November 25, 2008 at 9:30 PM  

whewww,
Saya ga tau siapa itu anonymous, yg jelas bukan saya, selama ini saya ga pernah sekalipun keberatan artikel di blog saya di kopas orang lain, karena buat saya, informasi penting itu semakin tersebar semakin baik, lagi pula saya penganut copyleft, bukan copyright,
Berani ngeblog buat saya berarti berani melepas ide atau karya digital kepada publik. Rasa khawatir bahwa hasil karya atau posting bakal dijiplak orang/blogger lain, hanya cocok bagi pihak/blogger dengan kreativitas terbatas, jadi bukan masalah bagi saya, jika nama saya tidak dicantumkan.

Komentar ini sekaligus sebagai klarifikasi bahwa saya tidak tahu menahu tentang komentator bernama anonymous diatas. Hak anda sepenuhnya untuk menampilkan komentar ini atau tidak.

Terima Kasih

Bigyst November 25, 2008 at 10:32 PM  

hoo..ho...ribut meribut soal copas mengkopas...tak apalah asal kita tau informasinya...
yang penting what evet they say, we must love our country and make it the best.. Give your strenght to build this country to be better

Kios Info November 25, 2008 at 10:45 PM  

@Anonymous - Saya prihatin sama Anda. Main petak umpet ya? Kalo saya Copas artikel bung Arielz, ngapain tadi siang saya mampir ke rumahnya promosi artikel ini? Pikir dong yang pinter. Saya mau posting dari email atau pemikiran sendiri nggak ada urusannya dengan Anda. Semoga Anda menjadi lebih bijak dan dewasa. Sukses untuk Anda.

kuyus November 26, 2008 at 12:58 AM  

waduh, jadi kepengen nyomot postingan ini deh.

menurut saya, posting yang kaya begini, semakin banyak di copas malah semakin bagus. semakin rame yang baca *apalagi dibaca ma yang seharusnya membaca* mudah-mudahan bisa nyiptain semangat yang bagus.

izin copas ya om :D

RiP666 November 26, 2008 at 6:14 AM  

hmmmm...Indonesia oh Indonesia

Pascal November 26, 2008 at 6:57 AM  

tapi anehnya kenapa kita gak terlalu bangga jadi bangsa indonesia, kita malah mebanggakan/menyukai negara lain, kayak gua suka and pengen banget jalan2 ke hong kong hehehe... mungkin inilah yang membuat indonesia tidak maju

manusia biasa November 26, 2008 at 9:24 AM  

woiiiiiiiiiiiii.......
Indonesia ya.... Indonesia penuh dengan segala hal....
salah satu hal yang membuat Indonesia gak maju2. karena Negara Indonesia sudah dimanjakan dengan kekayaan alam yang melimpah... tapi kita sebagai rakyat tidak pernha menjaga tapi malah merusak.

***** TUNAI BISNIS ***** November 26, 2008 at 10:25 AM  

BLI BLI SEMUA...
AKU SALUT DGN ISI ARTIKELNYA...

IBARAT KELUARGA KITA... MESKI JELEK,MISKIN, RUSAK, JAHAT, SAUDARA TETAPLAH SAUDARA... NGGAK BISA LEPAS DARI HUB DARAH ..

SEPERTI INDONESIA... BAGAIMANAPUN KAYANYA INDONESIA, BOROKNYA KORUPTOR INDONESIA...TOH TETAP TANAH YANG KITA PIJAK INI ADALAH INDONESIA....

BLI SEMUA.... POKOKNYA HANYA 1 KATA DARI TIANG...

*** HIDUP INDONESIA***
** LANJUTKAN PROSES BENAH DIRI ***
*** UNTUK INDONESIA KU ****

Lyla November 26, 2008 at 1:43 PM  

orang indonesia itu kadang kurang menghargai bangsanya sendiri. kadang dering tertipu... hutan2 di indonesia kayunya di eksport tp hutan tersebut ditelantarkan.. sungguh ironis..negara kita kaya tapi rakyatnya kurang sejahtera

PRIWA November 26, 2008 at 1:52 PM  

ya itulah indonesia,yg merupakan negara impian setiap penduduk bumi,tp orang indonesiannya sendiri jarang mensyukurinya malah sering merusak negeri ini,top posting

Qittun November 26, 2008 at 1:57 PM  

Yup.. masuk akal perkataan orang singapore tersebut...

cuman.. ya itu...

pemerataan pembangunan yang tidak merata.. dan kurang optimalnya pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia..

Nyante Aza Lae November 26, 2008 at 3:16 PM  

iya niyy..ada tuh lagu koes plus..tongkat kayu dan batu jadi tanaman...! Bangkitlah Indonesia!

Anna 'dTeepZ November 26, 2008 at 11:05 PM  

sabar..sabar..anynomous....kios info..arielz...sabar....ngeblog itu kebebasan berekspresi...berekspresi bisa lewat cara apapun, bahkan copas juga hal yang lumrah....asal menyebutkan sumbernya.........semuanya kan artikel ttg negara kita...harus didukung dong jangan mempermasalahkan ato cari kambing hitam.......make peace not 'war'

oke....damaiiiii

Natalia November 27, 2008 at 12:22 AM  

hm....nice to read....dan marilah kita bersama2 berubah demi kebahagiaan bersama dan masa depan yang lebih baik..merdeka!!

ipanks November 27, 2008 at 11:53 AM  

hehehe indonesia ini kaya sih tapi...

gustinW November 27, 2008 at 3:20 PM  

Kelaparan dilumbung padi... Ironi Indonesiaku. Tapi aku orang Indonesia...

TUKANG ARSIP December 5, 2008 at 2:51 PM  

snggh memprihatinkan.....

gloria December 10, 2008 at 11:01 AM  

indonesia emang kaya banget... kaya korupsinya

JABON July 22, 2010 at 3:44 PM  

Sayangnya bangsa indonesia sendiri ga pada sadar atas kelebihan indonesia... masih pada membanggakan serba luar negeri, itu juga dicontohkan oleh tokoh negaranya...

Awards

Award dari SeptianPhotobucket
Award dari Judith dan LylaPhotobucket
Award dari Lyla dan MemmiPhotobucket
Tag Persahabatan dari Lyla dan JudithPhotobucket
Award dari HellenPhotobucket
Award dari GratciaPhotobucket
Award dari Sari RapetPhotobucket
Award dari EndonezyaPhotobucket
Award dari Astri AstronotPhotobucket

Friend's Banner

  © Blogger template 'Neuronic' by Kios Info 2008

Back to TOP