Tips Berhenti Merokok Dalam Satu Bulan

Gambar ini adalah pasangan yang perokok. Setelah bercinta mereka biasa merokok bersama (ups! ngelantur di luar topik :-)) Begini, berhenti merokok memang sulit, apalagi jika sudah kecanduan. Walaupun begitu,bukan berarti Anda tidak bisa meninggalkan kebiasaan buruk ini.

Cobalah tips berikut, yang sebenarnya merupakan pengalaman seorang teman saya yang mantan perokok. Jurus berhenti merokok yang satu ini dilakukan secara bertahap. Dari hari kehari mengurangi jumlah rokok yang dihisap, hingga akhirnya sama sekali berpisah dengan batang rokok.

Tetapi seperti jurus berhenti merokok yang diterapkan banyak orang lainnya, untuk berhenti total HARUS diikuti tekad dan komitmen yang kuat, dan itu merupakan modal utama.

Seperti apa tahap-tahap yang harus dilakukan? Mari kita lihat bersama.

  • Hindarkan/hentikan minum kopi. Gantilah dengan teh manis atau permen. Usahakan minum air putih beberapa gelas setiap kali bangun pagi. Selanjutnya, buatlah jadwal lanjutan sepeti di bawah ini.

  • Tanggal 1 - 7 : hindari merokok sebelum pukul 10.00 pagi. Boleh merokok setiap hari tapi harus diingat hanya boleh setelah pukul 10.00.


  • Tanggal 8 - 14 : jangan merokok sebelum pukul 12.00 siang (makan siang).

  • Tanggal 15 - 21 : jangan merokok sebelum pukul 15.00 sore.

  • Tanggal 22 - 28 : jangan merokok sebelum pukul 17.00 sore.

  • Tanggal 29 - 30 : jangan merokok sebelum pukul 20.00 (makan malam).

Cobalah merokok pada pukul 10.00 pagi tanggal 22. Anda akan merasakan pahitnya asap rokok dan aroma yang akan membuat Anda benci rokok.

Bila godaan untuk merokok masih mengganggu, cobalah alihkan perhatian dengan mengikuti olah raga ringan, joging, dan sebagainya. Paling penting biasakan minum air putih.

Jangan segera puas, jika Anda telah menyelesaikan program ini. Masih ada ancaman yang menunggu Anda. Ancaman yang paling besar datang dari teman-teman Anda yang kebetulan perokok dan biasanya akan menawarkan rokok. Namun bila Anda berhasil melewati masa transisi (paling tidak seminggu), peluang bagi Anda untuk benar-benar keluar dari jeratan rokok sangat besar.

Selamat mencoba!

26 komentar:

ifoell November 18, 2008 at 11:08 PM  

info pentingn mantap nih..
thx ya..?? aku termasuk perokok berat n punya niat buat ngilangin mrokok..sapa tahu tips ini mempan..sx gi thx ya..??

Berita Aneh November 18, 2008 at 11:29 PM  

mantap nih tip., ane juga pecandu rokok ni.. lumayan dapet panduan..hehehe

Nyante Aza Lae November 19, 2008 at 8:21 AM  

ijin bos, ta' copy postingannya..btw apa hubungannya ya mrokok sama bobok2 yg kayak di pict..?

NgEbLoGbArEnG Mr.Ozay November 19, 2008 at 10:19 AM  

wah untungnya aku ga merokok..tapi ngasih rokok brooo...heheheh

Seno November 19, 2008 at 10:53 AM  

sangat berguna buat para perokok yang ingin berhenti. slam

Anna 'dTeepZ November 19, 2008 at 10:57 AM  

hiks..hiks...anna trying to stop smoking...but it's doesnt work well...masih suka nyolong2..sebatang demi sebatang......

tapi udah jauh2 koq dari ngerokok ( i wish..)....menurut anna sih keinginan itu harus dari diri sendiri dulu...selanjutnya jangan dibiasakan dlm lingkungan seorg perokok,krn sec g lgsg msh suka kepengaruh.....

good post....tak praktekin dulu

JoVie November 19, 2008 at 11:26 AM  

keren tipsnya....tapi yang jadi masalah, orang yang mau berhenti merokok yang susah, kalo yang ingin mereka berhenti sih banyaaaakkk..hehe

BcS November 19, 2008 at 11:33 AM  

hehehe mau donk kebetulan pingin ni berhenti nrokok, thanks atas infonya yaa

mingto, obsesion seleb November 19, 2008 at 11:40 AM  

saya gak pernah ngeroko tuh. Sy pernah coba ngerokok, malah aku kena Chikungunya. CApek deh. Aku sampai sekarang gak pernah ngerokok tuh, lagian kan haram. heheh. salam kenal

arya anindita November 19, 2008 at 11:59 AM  

wah mas

aku pengen berenti ngeroko + dikombinasi ama ngopi

tapi ntar kudu ganti nama blog..

hahahah..

sip mah ini info, saia pengen nyoba..

b0nk3y November 19, 2008 at 12:06 PM  

ada garansinya ga nih? hehe

LINDA November 19, 2008 at 12:26 PM  

makasih tips nya....
sdh berkali kali aq coba berhenti merokok..
bs bertahan cm 1 minggu utk tdk merokok,
aq coba ya tips ini...TY

Michael-BT November 19, 2008 at 1:23 PM  

wah... makasih ya tipsnya!!
soalnya gua jga pecandu nie
hehehehhhhhh.....

Lyla November 19, 2008 at 1:25 PM  

kalo lagi bercinta sambil merokok ntar ada yg kena rokok kan bahaya gagal deh hehehe

PRIWA November 19, 2008 at 2:11 PM  

tips menarik, tp perlu diingat buat para perokok yg ingin berhenti.jngan pernah mencoba berhenti secara langsung namun secara bertahap yg mungkin memakan waktu yg agak lama.dikarenakan metabolisme di tubuh anda tidak akan siap apabila tiba2 berhenti (ko jd panjang gini) ya cuma saran aja :)

SANGGAU BLOGGER November 19, 2008 at 2:38 PM  

"Matikan Rokok sebelum Rokok mematikan anda"

he he he, gimana?

ipanks November 19, 2008 at 2:51 PM  

hohoho saya pengen berhenti tapi kok susah yap? hmmm...

Hellen November 19, 2008 at 3:47 PM  

wah baru kali ini ketemu tips yang gini... mantap banget...
bagus tuh buat yang selama ini mau beralih profesi dari kereta api ke kereta bayi hehehe nggak nyambung... :)

cumie November 19, 2008 at 4:09 PM  

saya takkan berhenti merokok :P

Kios Info November 19, 2008 at 9:47 PM  

untung aku nggak merokok juga,,bro

BloGendeng November 19, 2008 at 9:48 PM  

ada pepatah merokok mati, ngga merokok mati. maka dari tiu merokoklah haha
Tapi untungnya aku ngga betah delet rokok. jadi amaaan

Zippy November 19, 2008 at 10:32 PM  

Hmmm, bukan perokok...
So, no comment deh...
Wkekekekke...

Edhoy November 20, 2008 at 11:02 AM  

Kalo dari segi pribadi ya aku sih setuju2 aja kita harus berhenti merokok, karena itu merusak kesehatan. Tapi kalau di lihat secara perekonomian Global, seandainya seluruh rakyat Indonesia berhenti merokok, kok kasian ya rasanya. saya dan teman2 sebagai pedagang asongan rokok tentu akan jadi pengangguran. Petani cengkeh dan tembakau jadi rugi. Buruh pabrik Rokok yg jumlahnya ribuan Orang di PHK karena rokok nggak laku.Pendapatan pemerintah dari cukai rokok berkurang Drastis. Pasti akan menambah pengangguran Kali ya. Jadi ya serba salah kayaknya ya, hiks...

Endonezya November 22, 2008 at 2:42 PM  

gw coba dulu.... nanti klo sukses gw kabarin

Sulae November 24, 2008 at 7:00 PM  

Mesti dicoba nih tips....

Inpo menarik bang....

Nanti kalo ada perkembangan tak kabari lagi....

TUKANG ARSIP December 5, 2008 at 2:58 PM  

untung bkn perokok nih...

Awards

Award dari SeptianPhotobucket
Award dari Judith dan LylaPhotobucket
Award dari Lyla dan MemmiPhotobucket
Tag Persahabatan dari Lyla dan JudithPhotobucket
Award dari HellenPhotobucket
Award dari GratciaPhotobucket
Award dari Sari RapetPhotobucket
Award dari EndonezyaPhotobucket
Award dari Astri AstronotPhotobucket

Friend's Banner

  © Blogger template 'Neuronic' by Kios Info 2008

Back to TOP