Gerhana Matahari di Indonesia Tahun 2009-2010

PhotobucketMungkin sebagian kecil dari Anda sudah mengetahui info ini, tapi saya yakin sebagian besar dari Anda masih belum mengetahuinya.

Setelah sekian lama, Gerhana matahari akan segera menyapa Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, 3 gerhana matahari secara berturut-turut akan melewati Indonesia dalam rentang waktu 2009 - 2010. Sayangnya, tidak semua bagian di wilayah Indonesia dapat melihat fenomena ini. Karena, ketiga gerhana ini cuman melewati bagian barat dan/atau utara indonesia.

Tahun 2009 tercatat ada dua gerhana yang akan melewati Indonesia, yaitu pada tanggal 26 Januari dan 21-22 Juli, sementara itu, gerhana matahari akan kembali menyenggol kita pada tanggal 15 Januari 2010.

Fenomena ini sangat disayangkan untuk dilewatkan, karena gerhana matahari baru akan menyapa kita kembali pada tahun 2016.

1. Gerhana 26 Januari 2009

Yang paling spesial dari ketiganya adalah Gerhana pada tanggal 26 Januari yang jatuh pas di hari libur Imlek. Gerhana ini dapat dilihat oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia (Dari Banda Aceh sampai Ambon), beruntunglah mereka yang tinggal di daerah Lampung, Samarinda, dan Teluk betung, karena bulan menutup hampir seluruh bagian matahari. Gerhana ini terjadi pada waktu sore hari sekitaran pukul 3 - 4.



Yang perlu diperhatikan dari jenis gerhana ini adalah jenis gerhana ini adalah gerhana matahari anular (bukan total) artinya ukuran bulan tidak cukup besar untuk menutupi seluruh priringan matahari berbeda dengan gerhana matahari total dimana bulan menutupi seluruh piringan matahari. Jadi, untuk melihatnya, perlu digunakan lensa pelindung mata, serta bagi fotografer, ingat untuk melindungi lensa kameranya sebelum mengabadikan fenomena langka ini.

2. Gerhana Matahari 21 Juli 2009

Gerhana ini cuma dapat dinikmati oleh mereka-mereka yang tinggal di bagian utara Indonesia seperti: Banda Aceh, Jayapura, Manado, Medan, Padang, Palu, Pekanburu, Pontianak, Samarinda, Sorong, Ternate.



Jenis Gerhana ini adalah gerhana Matahari Total, namun di Indonesia, bulan hanya akan menutup sebagian kecil dari matahari. Jika ingin melihat gerhana matahari total ini secara full, anda bisa ke Shanghai, karena disana, Bulan akan menutupi seluruh bagian matahari.

3. Gerhana Matahari 15 Januari 2010

Fenomena alam ini cuman bisa dinikmatin oleh mereka yang tinggal di bagian utara dan barat Indonesia seperti: Balikpapan, Banda Aceh, Tanjungkarang Telukbetung, Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Jakarta, Manado, Medan, Padang, Palembang, Palu, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Surakarta, Yogyakarta. Bagian Timur Indonesia sudah keburu malam ketika bayangan bulan melewati bagian sana.



Sama halnya dengan gerhana Juli 2009, bulan cuma akan menutup sebagian matahari saja. Karena pusat jalur Gerhana Matahari ini melewati daerah India dan Cina sana, sehingga di Indonesia cuma kebagian sebagian kecil bayangan dari Bulan.

Sumber: forum sgindo, Eclipse



40 komentar:

' Li ' December 20, 2008 at 11:47 PM  

pertamax..........huehehehehe...
akhirnya pertamax jg hihihi...
sambil nungguin gerhana ^^

TUKANG ARSIP December 21, 2008 at 12:02 AM  

Keduax...nice info

TUKANG ARSIP December 21, 2008 at 12:02 AM  

Ketigax..baru tahu kalo keduax...

ipanks December 21, 2008 at 12:26 AM  

keempatttttttt baru tauuuuuu

Ocim December 21, 2008 at 3:24 AM  

hahaha .. baru tau banyak yg nyepam ...

devianty December 21, 2008 at 3:59 AM  

ssiiplah...aahh mau nunggu gerhana jadi tahu ada gerhana ya th ini ama th depanya..

tyas December 21, 2008 at 4:55 AM  

26 januari bentar lagi dooong...

lady December 21, 2008 at 4:57 AM  

dari jakarta keliatan jelas nggak ya..?

jetra December 21, 2008 at 4:57 AM  

bener nggak sih, kalo liat gerhana langsung, bisa buta..?

Septian December 21, 2008 at 7:19 AM  

Asiik..seumur idup belum pernah liat gerhana..semoga cepat terjadi :D

Lyla December 21, 2008 at 12:57 PM  

wahh... aku pernah liat gerhana matahari pas wkt masih umur 8 th kalo gak salah

seno December 21, 2008 at 2:32 PM  

Saya ngelihat gerhana matahari tahun 1983, waktu itu pas cucu pertama saya lahir. he..he.. yang kedua bercanda.

mingto... Biasa saja Tuh.. December 21, 2008 at 2:57 PM  

wah... info yg keren nih.. benar saya abru taw nih... hank yah

Anthony Harman December 21, 2008 at 3:03 PM  

Asiiik, bisa liat gerhana matahari neh

priwa December 21, 2008 at 3:06 PM  

wah asik hrs ditulis nih tglnya biar ngk lupa hehehe..makasih bro infonya :D

inv0595m December 21, 2008 at 3:07 PM  

uh ga berhasil jadi yg pertama ...

jasminetea December 21, 2008 at 3:18 PM  

gerhana..cuma sebentar...yang serem kapan nih bumi tabrakan ama planet lain boss?? serem dah...tobat...tobat...sholat..sholat..ngaji..ngaji

TUINK December 21, 2008 at 3:25 PM  

waduh... bisa ngliat gak yaaa... sih lama sih

Post Beasiswa December 21, 2008 at 3:26 PM  

info yg bagus kwn..jd bisa..ngatur jadwal dulu buat liat gerhana tahun dpn.....hehehee

Erik December 21, 2008 at 3:44 PM  

Nice info bro, pingin liat juga nih

j-kool December 21, 2008 at 3:46 PM  

Padahal pengen lihat gerhana apa daya masak mesti ke tempat yang jauh2 gitu, hiks3..obesesi waktu kecil padahal pengen banget liat gerhana langsung

david December 21, 2008 at 4:02 PM  

baru tau saya....

dede December 21, 2008 at 5:57 PM  

hmmm, saya emang kuper, baru tahu nih,..tanks infonya bro,

AiWY December 21, 2008 at 6:01 PM  

saya pernah liat gerhana matahari saat masih SD. gelap gulita.

jadi pengen mengulang masa kecil dulu. :D

sep lah.

ABDEE NEGARA December 21, 2008 at 6:32 PM  

thx infonya ya....?
berarti dah dekat ya kita bakal melihat fenomena alam ini....

gloria December 21, 2008 at 8:19 PM  

cool

achiles December 21, 2008 at 8:44 PM  

aku mau jadi saksi sejarah ah...

yulia December 21, 2008 at 10:28 PM  

oohhh..gitu toch ^^

Bigyst December 21, 2008 at 10:37 PM  

aku belum pernah ngeliat gerhana, tapi pas waktu katanya lagi ada gerhana, tepatnya waktu aku masih sd kira2 8 ato 9 tahun yang lalu, agak gelap juga sih walau siang hari dengan langit yg agak bersih tanpa awan...

gilaorganic December 22, 2008 at 4:44 PM  

wah, pas gerhana matahari sebelumnya aku masih kecil, dan belom mudeng,,,
hehe, dan gak lama lagi dapet kesempatan ngerasain gerhana nih.. ahaha..


thx for info ya.. :D

Nyante Aza Lae December 22, 2008 at 7:04 PM  

inget ngliat gerhana matahari pake klise film..hi..hi

Zippy December 22, 2008 at 8:52 PM  

Wadow, ntar tambah panas donk....
Jayapura tanpa gerhana aja dah panas, apalagi kalo ada gerhana, jhaaaaaa...

@ Coy December 25, 2008 at 4:37 PM  

keren bos hehe

obat herbal asam urat November 20, 2013 at 3:19 PM  

okay , menambah wawasan saya nih, terimakasih

obat herbal kista January 3, 2014 at 8:55 AM  

sukses terus gan :)

obat herbal asam urat January 20, 2014 at 2:36 PM  

Selamat siang , terima kasih atas infonya

obat herbal asam urat January 23, 2014 at 2:19 PM  

thanks untuk infonya :)

obat herbal asam urat January 23, 2014 at 2:24 PM  

thanks untuk infonya :)

Tulang Lunak Gerobakan September 16, 2014 at 10:42 PM  

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1435H.
Informasi yang sangat BERMANFAAT..
Terima kasih..
Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
==============================

Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
~
..Bukan SULAP bukan SIHIR
Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
~
Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
~
Anda akan mendapatkan :
-. Gerobak
-. Peralatan masak bakar
-. Peralatan masak goreng
-. Kompor, tabung gas & regulatornya
-. Brosur
-. Spanduk
-. Poster
-. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
-. Kaos
-. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
~
Materi inti Training Pelayanan :
-. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
-. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
-. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
-. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
~
Silakan kunjungi web kami:
~
www.tulanglunakgerobakan.com
~
atau :
Telpon & HP :
081318374450 (Telkom)
08561070103 (Indosat)
081806396669 (XL)
021-94946600 (esia)
021-70264774 (Flexi)
Kantor: 021-4759274
PIN BB : 28C97C54
email : bumi.amrita@ymail.com
~
& dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
Menu-menu andalan kami adalah :
1. Ayam Bakar Tulang Lunak
2. Ayam Goreng Tulang Lunak
3. Pepes Ayam Tulang Lunak
4. PepesCeker Tulang Lunak
5. Bebek Bakar & Goreng
~
Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
- Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
- ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
~
Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
1. Program Dalam Kota
2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
Terdiri :
-. Paket Usaha Standar
-. Mesin Presto
-. Training Produksi
Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
Info lebih lanjut bisa dilihat di :
http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
~
Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
2 pepes ayam tulang lunak
2 pepes ceker ayam tulang lunak
2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
~
Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
& calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
~
Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
~
SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
~
~

pengobatan hepatitis July 6, 2015 at 4:10 PM  

Sebesar dan sesulit apa pun masalah yg Anda hadapi, singkirkan kebingungan mulailah ambil satu langkah kecil menuju solusi.

obat herbal sirosis hati
obat liver tradisional
obat hepatitis pada ibu hamil
obat penyakit kuning alami
cara alami mengatasi masalah perut kembung

Awards

Award dari SeptianPhotobucket
Award dari Judith dan LylaPhotobucket
Award dari Lyla dan MemmiPhotobucket
Tag Persahabatan dari Lyla dan JudithPhotobucket
Award dari HellenPhotobucket
Award dari GratciaPhotobucket
Award dari Sari RapetPhotobucket
Award dari EndonezyaPhotobucket
Award dari Astri AstronotPhotobucket

Friend's Banner

  © Blogger template 'Neuronic' by Kios Info 2008

Back to TOP