Daging Tikus Makin Mahal

Bila Anda berbelanja di pasar tradisional di beberapa daerah di Indonesia, maka Anda akan menjumpai tikus yang dijual untuk makanan sehari-hari. Berjajar seperti layaknya daging ayam dan daging sapi.

Anda pernah mencobanya? Bila belum pernah, ada baiknya mencicipinya. Mumpung harganya belum mahal. Di luar negeri, ternyata tikus ini sudah menjadi makanan favorit, bahkan diekspor dan laris manis. Yuk, kita lihat sama-sama.


Di Kamboja, gara-gara inflasi yang tinggi sekali, harga daging sapi satu kilogram dijual 20.000 riel. Hal itu menyebabkan banyak masyarakat yang memutar otak mencari alternatif makanan pengganti daging sapi. Daging apa ya yang murah tapi lezat?

Akhirnya merekapun menemukan daging tikus sawah / hutan (bukan tikus rumah) yang ternyata tidak kalah lezat dibanding dengan daging sapi. Jumlah tikus yang berlimpah dan murah seakan tidak akan habis tersebut menjadi menu favorit mereka. Harganya juga jauh lebih murah. Sekitar 1200 riel per kilogram.

Celakanya, saking larisnya dan banyaknya permintaan harga daging tikus malah ikutan meroket juga. Untuk satu kilogram daging tikus kini dijual dengan harga sekitar 5.000 riel. Tapi masih lumayan dibandingkan harga daging sapi :-)

Daging tikus sawah tersebut bisa dimasak dengan bawang putih ataupun dipanggang. Kini daging tikus seperti yang Anda lihat di gambar ini telah menjadi makanan yang sangat populer di Kamboja. Bahkan permintaan dari negara Vietnam dan Thailand juga mulai meningkat. Rupanya tikus mulai digemari sebagai makanan manusia di beberapa negara.

Bagaimana dengan kita di Indonesia? Saat ini baru beberapa daerah di Indonesia yang menikmatinya. Mungkinkah di masa yang akan datang tikus akan menjadi menu utama di hotel-hotel berbintang di Indonesia atau bahkan di dunia? Lihatlah gadis kecil yang begitu lezatnya menyantap daging tikus. Hmmm...yummy :-o

52 komentar:

devianty December 3, 2008 at 12:08 AM  

wah..ngeri dengernya kok tikus bisa jadi mknan favorit ya...jadi negeri..dehhh

Ridwan December 3, 2008 at 12:26 AM  

wihhh...menyentuhnya sj ga brni...aplgi dimakan tuh...

TUKANG ARSIP December 3, 2008 at 12:28 AM  

wih tikuss...hiiii...knp jd mknan favorit..aneh memang...

ipanks December 3, 2008 at 4:18 AM  

hiyyyyyyyyyyyyyyyy ngeriiiiiiiii ngga mauuuuu

Septian December 3, 2008 at 6:25 AM  

jijik ah..klo mau dirumahku banyak tuh..silahkan kalian berburu sendiri..saingan ma kucingku..huehuehue

JudithNatalia December 3, 2008 at 7:21 AM  

Kayaknya di manado juga banyak tuh bro...:)

Nyante Aza Lae December 3, 2008 at 8:43 AM  

mending makan nasi angking dehh..drpd makan kek gituann..serreemm!

niTnOt December 3, 2008 at 8:59 AM  

hii..jijay kalee..

gpp wes ga makan daging kl daging-na daging tikus...

mending pake krupuk ja+kecap jg dah enak kl lg lapeR..

^_^

jingga December 3, 2008 at 9:54 AM  

Anda pernah mencobanya? Bila belum pernah, ada baiknya mencicipinya.

*ummm.........setuju ama azalea, mending makan pake kecap ama krupuk aja de gpp *

Zippy December 3, 2008 at 11:09 AM  

Jhaaaa, ogah gue...
Jijik amat liat'x...
Muka'x itu lho, serem deh, wkekekekeke...
Palagi moncong'x, hakz..!!

Dews December 3, 2008 at 11:14 AM  

Hmmm.... Yummy bgt keliatannya tuh...

Jadi laper...

Hahaha....!

mmm December 3, 2008 at 11:18 AM  

di indonesia juga udah ada tuh yg jd menu utama...kalo gak salah di daerah sulawesi utara bro...n pernah masuk acara kuliner trans tv kalo gk salah...heheha

edo December 3, 2008 at 11:24 AM  

tikus??? jijay..... mana ada manusia makan tikus, yg ada kucing makan tikus.

tyas December 3, 2008 at 11:43 AM  

yg makan tikus biar ularku aja deh...
akunya tetep makan daging ayam aja...

jijik banget liat gambar2nya....

Fitriansyah December 3, 2008 at 11:45 AM  

kl dimedan namanya paniki ya??

oPa December 3, 2008 at 11:52 AM  

Ich Serem...

Kristina Dian Safitry December 3, 2008 at 12:02 PM  

aku datang nyari daging manusia, bukan daging tikus,he..he..

Anna 'dTeepZ December 3, 2008 at 12:17 PM  

wedew...ada iklannya nih kotak komennya....seepp

*daging tikus no, daging manusia yes*

loh......wekekekekek nyontek mbak dian

Endonezya December 3, 2008 at 12:22 PM  

lumayan lah bantuin pak tani ngurangin hama di sawah..... hahahahaha....

Lyla December 3, 2008 at 12:40 PM  

wah dari pada suruh makan daging tikus mending makan sama sate ayam dah :D

david December 3, 2008 at 12:49 PM  

wah betul tw mbak lyla...kalo aQ mendingin makan angin aja,dari pada makan daging tikus....hi..hi...geli liatnya

neki arismi December 3, 2008 at 12:50 PM  

hyakk!! X(

muhammad arief December 3, 2008 at 1:05 PM  

Yummi Yummi .........ayo buruan mungpung masih murah

SariRAPET December 3, 2008 at 1:18 PM  

hm makanan versi fear factor, bloGendeng sudah nyoba?

SariRAPET December 3, 2008 at 1:21 PM  

halah sampe salah... maksudnya Kios Info sudah nyoba belon? maapken ya!

Riema Ziezie December 3, 2008 at 1:39 PM  

masyaAllah ... ngeri amat ya kok jadi kanibal gini ya manusia segala dimakan...dikasih gratis juga ga mau deh zie

Jkool December 3, 2008 at 2:00 PM  

hueekkssss..ada-ada aja ni kios info...jadi gak niat makan, kalo koruotor di Indo kayanya kanibal kalo makan tikus, kenapa?karena tikus makan tikus juga,hahaha

Erik December 3, 2008 at 2:17 PM  

kok ada yg doyan ya

PRIWA December 3, 2008 at 2:43 PM  

wooowww keren tuh beritanya, saatnya berburu manusia (lhoooo???)

LINDA December 3, 2008 at 3:08 PM  

memang kalo tikus sawah banyak yang makan.....
kalo aq siy blum pernah hehehe...
katanya siy enak...hhmmmm.....
krn makannya padi kali ya hiks...

Mr.Ozay December 3, 2008 at 3:48 PM  

waw...sebenarnya diindonesia juga udah terkenal sejak dulu...udah pernah denger bakso daging tikus?....siippp brooo

@ Coy December 3, 2008 at 3:59 PM  

wah ada menu baru nih yang bakalan ada di dunia....

kirain cuman orang2 yg hrs bertahan hidup aja yang makan tikus...

kyk yg di TV2 tuh hehe...

phy December 3, 2008 at 4:07 PM  

Gubraggggghh kaya ga ada makanan lain aja...mpe tikus2 dimakanin
Ga perlu keluar duit byk klo mang pgn tikus mah di got deket rumahku ya byk tuhhhh

phy December 3, 2008 at 4:07 PM  

Gubraggggghh kaya ga ada makanan lain aja...mpe tikus2 dimakanin
Ga perlu keluar duit byk klo mang pgn tikus mah di got deket rumahku ya byk tuhhhh

-G- December 3, 2008 at 4:56 PM  

Mungkin rasanya kayak daging kelinci ya? Kalo daging kelinci kan enak loh...

yoyo December 3, 2008 at 5:36 PM  

weh, ternyata selain di indo, rupanya di negara tetangga juga ada nyang doyan daging tikuys yah :D

aprie December 3, 2008 at 5:57 PM  

wah nggilani ki...
kabur ah...

Anthony Harman December 3, 2008 at 7:13 PM  

Yaikkks... Emang dah gak ada daging yg enak ya? sampe maem daging tikus

exelinca December 3, 2008 at 7:33 PM  

HOEKKKS, jadi kehilangan selera makan nih. Buset.

sandy December 3, 2008 at 7:37 PM  

jijay ahhh..

Berita Aneh December 3, 2008 at 8:21 PM  

mmhhh.... maknyusss,.,. nyam.,. nyam,., uenak baca sambil makan niy. hahahaha

Thytho Adjianto December 3, 2008 at 9:20 PM  

Hiii.... ngeri aku ngliatnya!
ampe aku ingin mual sgala!

Budiawan Hutasoit December 3, 2008 at 9:31 PM  

ooo..aku pikir 'tikus-tikus' yang suka nilep uang rakyat. kalo jensi 'tikus-tikus' yg suka nilep uang rakyat ini, layak juga kali ya dimasak spt yang ada digambar..hehe

kalo ngga salah, di manado juga ada ya.selain daging tikus, juga kalong/kelelawar. dan bukan hanya di manado..juga di mana-re..mana-mi..mana-fa..sampe balik lagi mana-do

brigadista December 3, 2008 at 9:48 PM  

ternyata separah parahnya ekonomi orang indonesia masih sanggup makan daging,..hiii kaya apa tuuh tikus ya rasanya....

fotolangka December 4, 2008 at 3:23 PM  

hi.... apa enak ya?

dwilovaniez December 4, 2008 at 4:26 PM  

liat sebentar langsung pingin muntah. sebenarnya ini pertanda bahwa Indonesia tidaklah miskin. tetap makmur. makanya ada orang serakah yang korupsi uang rakyat. kalo negara kita miskin sedikit yang korupsi.

Crazy World December 4, 2008 at 5:47 PM  

ueeeks lagi2 makanan menjijikan.. apa uda ga ada makanan lain ya?? ampe tikus aja di makan

healthy-gloria December 4, 2008 at 8:26 PM  

no thanks...

erwin December 5, 2008 at 10:37 AM  

wah jadi muntah saya..:)

FLikZ December 8, 2008 at 9:22 AM  

sungguh tragis nasibmu wahai mickey mouse...

Anonymous December 19, 2012 at 4:38 PM  

gilaa nih dunia. Eh di kotaku semarang juga baru-baru ini ada warung bakso yang digrebek polisi karna ketauan pake tikus. Jadi critanya ada anak tetangganya skitar 4 taunan maen dah tu ke warung bakso tikus ntu. Lah yg namanya anak kecil maen masuk smpe dalem rumah kagak permisi kan biasa. Eh pulang2 dia crita dah tu ama emaknya kalo dia jijik liat tmpt bikin baksonya. Nah besoknya si emak itu pura2 maen ke tempatnya, beneran men banyak bgt tikusnya dikandang pula. Diem2 dah tu si emak nelpon pakpol, besoknya digrebek. Gile dah padahal rame banget tuh warung, untung ane blm pernah nyobain

Asli Togel November 14, 2013 at 11:30 AM  




SAYA BENAR BENAR TIDAK PERCAYA DAN HAMPIR PINSANG KARNA
ANKA YANG DIBERIKAN OLEH AKI MANGKUBONO TERNYATA TEMBUS,
AWALNYA SAYA COBA COBA MENELPON DAN SAYA MEMBERITAHUKAN
SEMUA KELUHAN SAYA KEPADA AKI MANGKUBONO,ALHAMDULILLAH
AKI MANGKUBONO TELAH MEMBERIKAN SAYA SOLUSI YANG SANGAT
TEPAT DAN DIA MEMBERIKAN ANGKA YANG BEGITU TEPAT..,
MULANYA SAYA RAGU TAPI DENGAN PENUH SEMANGAT ANKA YG
DIBERIKAN AKI MANGKUBONO ITU SAYA KALI 100 LEMBAR
DAN SYUKUR ALHAMDULILLAH BERHASIL,SESEKALI LAGI MAKASIH
BANYAK YAA AKI,SAYA TIDAK AKAN LUPA BANTUAN DAN BUDI
BAIK AKI MANGKUBONO YANG MEMBANTU SAYA SELAMA 5X PUTARANG
BERTURUT-TURUT TEMBUS DAN,JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN
HUBUNGI AKI MANGKUBONO 085 203 333 887 ATAU KLIK DISINI
INGAT…!!!! KESEMPATAN TIDAK AKAN DATANG UNTUK KE 2 KALI.
TERIMAH KASIH.

Awards

Award dari SeptianPhotobucket
Award dari Judith dan LylaPhotobucket
Award dari Lyla dan MemmiPhotobucket
Tag Persahabatan dari Lyla dan JudithPhotobucket
Award dari HellenPhotobucket
Award dari GratciaPhotobucket
Award dari Sari RapetPhotobucket
Award dari EndonezyaPhotobucket
Award dari Astri AstronotPhotobucket

Friend's Banner

  © Blogger template 'Neuronic' by Kios Info 2008

Back to TOP