Pohon Tertua Di Dunia

Info yang satu ini mungkin sebagian dari Anda sudah pernah tahu. Tetapi pasti sebagian besar belum mengetahuinya :-)

Apakah Anda pernah melihat pohon tertua di dunia? Jika belum, apa yang ada di benak Anda ketika mendengar "pohon tertua di dunia"? Apakah Anda membayangkan pohon yang besar sekali dan tampak angker seperti gambar di samping ini?

Daripada mikir terlalu lama, lebih baik lihat saja sendiri bentuk fisiknya di bawah ini :-)


Nah, ini dia pohon tertua di dunia. Ternyata tingginya hanya 4 meter, namun sebatang pohon sejenis cemara, yang masih hidup di Swedia, diketahui berusia 9.550 tahun. Hidup sejak akhir zaman es, pohon tersebut tercatat sebagai yang tertua di dunia saat ini.

Spesies pohon spruce Ione Norwegia ini ditemukan tahun 2004. Para peneliti menemukannya di sekitar semak-semak pegunungan pada ketinggian 910 meter di Provinsi Dalarna, Swedia. Pohon ini tidak langka karena penduduk sering menggunakan sebagai pohon Natal.

"Usianya yang sangat panjang kemungkinan besar dipicu kemampuannya mengkloning diri sendiri," ujar Leif Kullman, profesor eologi dan lingkungan hidup di Universitas Umea, Swedia. Batang dan rantingnya memang diketahui dapat bertahan hidup hingga 600 tahun. Kullman menjelaskan, saat batangnya mati, batang baru akan dibentuk dari akarnya sehingga umurnya menjadi sangat panjang.

Pohon ini lebih tua dari pinus Bristlecone di White Mountain California yang hanya berusia 5000 tahun. Pinus Bristlecone tertua hanya bertahan hidup hingga 7.500 tahun namun tumbuh menjulang hingga 150 meter. Jika umur pinus Bristlecone diukur dari garis pohon di rantingnya yang dipantau setiap tahun, umur cemara di Swedia diukur dari jejak radiokarbon di akarnya.

Kullman menyatakan pohon yang usianya lebih tua dari 9.550 tahun bisa dikatakan mustahil. Sebab, seluruh wilayah Swedia kemungkinan masih diliputi es saat itu.

Sumber: Kompas

47 komentar:

TUKANG ARSIP December 12, 2008 at 11:59 PM  

Pertamax..Nice Info...
pohon yang besar ...

yoyo December 13, 2008 at 12:31 AM  

weh, klo di indo paling tu pohon langsung dibabat... hueheue

btw, saiya keduaaaxxx yak... kekeke :)

Achiles™ December 13, 2008 at 1:41 AM  

wuih pohonnya gedhe bgt ya..bisa bibuat apartemen tuh hehehe

devianty December 13, 2008 at 1:43 AM  

serem banget tuh pohon yaa...

aprie December 13, 2008 at 7:38 AM  

wah pasti banyak tung penunggunya..

niTnOt December 13, 2008 at 8:03 AM  

pantes tuh pohon kuRus banget..
rupanya pohOn teRtua... ^_^
dah waktunya kan...
waktunya apa hayoo...

peace...

astri astronot December 13, 2008 at 9:37 AM  

wah kirain yg pertama yg tertua
keren jugaaa . .

yitnoku December 13, 2008 at 10:12 AM  

Baru lht tu pohon ya disini...!

Post Beasiswa December 13, 2008 at 12:24 PM  

pohonnya tua-tua makin jadi nie..hehe

david December 13, 2008 at 12:37 PM  

wah keren boss...siip dah

Ocim December 13, 2008 at 12:49 PM  

kayaknya itu pohon bisa bwt rumah nih, kalau kita bolongin dalamnya

Mr.Ozay December 13, 2008 at 1:36 PM  

aku juga ikutan berteeduh dipohon tua itu yach..kayanya enak dech...

Bang Ir December 13, 2008 at 1:42 PM  

Tidur siang dibawah pohon gede...wah,

gilaorganic December 13, 2008 at 1:50 PM  

yaelah, aku kira segede apa, ternyata keil banget ya bang.. huehue..

Jkool December 13, 2008 at 2:14 PM  

Postingannya bagus tapi kok aneh ya? katanya diketahui berusia 9550 tahun tetapi katanya 9550 tahun lalu Swedia masih diliputi es, lalu berapa umur tu pohon?

Kata Irhamna December 13, 2008 at 2:15 PM  

udah tua yah pohonnya, tapi kecil pohonnya!!!
info yang luar binasa, eh luar biasa He3x

priwa December 13, 2008 at 2:18 PM  

dikirain segede monster gitu, eh taunya cuma 4 meter hahaha,good bro

Bigyst December 13, 2008 at 2:36 PM  

wah...dari gambarnya gak keliatan tua..tapi wah..bener,,, sampai setua itu umurnya...

seno December 13, 2008 at 2:36 PM  

kok bisa pertumbuhannya terhambat ya he..he.. mentok di 4 meter

Bigyst December 13, 2008 at 2:38 PM  

kalo yg besar tu berapaan umurnya...
btw sistem pengkloningan dirinya keren bener...membuat batang baru dari akar

Nanang December 13, 2008 at 3:22 PM  

Wajar klo pohonnya tinggi maksimal 4 meter, dia tahu klo ketinggian mudah kesamber petir atau ada kapal terbang nyangkut. hehehehe....

Free Wallpaper December 13, 2008 at 3:22 PM  

Nice pics... ^o^

lukman hermawan December 13, 2008 at 3:39 PM  

wiw keren nok..

FLikZ December 13, 2008 at 3:58 PM  

kirain udah ubanan..
ternyata hanya sekecil itu...
keren..

LINDA December 13, 2008 at 4:15 PM  

hehehe...seep...keep post ^^

yulia December 13, 2008 at 5:13 PM  

wahh,,pohonnya udah kakek2 yach, pantes kurus,
hehehehehe^0^

Riema Ziezie December 13, 2008 at 5:16 PM  

wah klu di indo maybe dibawah pohon itu dah banyak sajennya hehehhe

Ocim December 13, 2008 at 5:47 PM  

wah gede kayak paan yak

Cebong Ipiet December 13, 2008 at 6:11 PM  

wehehehe kirain yg segede gaban itu ternyata yg kecil kuyus tahan lama

RiP666 December 13, 2008 at 8:53 PM  

numpang berteduh disini...skalian kemah kali ya ^^

Budiawan Hutasoit December 13, 2008 at 9:44 PM  

koq ga bongkok ya pohonnya..
mungkin dia sering jalan 10.000 langkah setiap hari, maka terhindar dari oestophorosis..
kakakaka

Lyla December 13, 2008 at 10:55 PM  

wah... kalo di indonesia pohon2 tua dah jadi buruan para penebang hutan liar.

inv0595m December 13, 2008 at 11:00 PM  

yang termudanya apa ?hhe

gloria December 13, 2008 at 11:12 PM  

:)

Judith December 14, 2008 at 8:15 AM  

Di Indo juga masih ada pohon cengkeh tertua, mungkin sekarang dah berumur 250 tahunan lebih, kalo nggak salah sih..
Tempatnya di Maluku Utara dikota Ternate :)

Met beraktivitas fren.

Putty Angelica December 14, 2008 at 2:23 PM  

Info yg sangat bagus. aq selalu tertarik dgn artikel seperti ini, ttg flora, fauna invirontment dsb. Thanks bgt ya atas info pohon tertua td...

Putty Angelica Laurent December 14, 2008 at 2:29 PM  

Yoyo benar, klo di indo mgk udah di tebang. Bkn ga peduli linkungan, mgk krn ga tahu itu pohon yg tua, yg cenderung berukuran sangat besar... untung ga di indo.
Ini komen kedua-ku, kebetulan td aq tanya tmnku yg di swedia(via sms biar murah)teryata bener, dia aktivis linkungan hidup namanya Jeanette Nordin Growth,,, hehehe ko jd curhat ya.. maaf, intinya emg bnr. Doain aq bisa pegang lgsg itu pohon... have a nice weekend ya

tyas December 14, 2008 at 2:46 PM  

kok malah cuma kecil gitu ya yang tertua... kirain gambar yang di atas....

my lady December 14, 2008 at 2:47 PM  

hehe.. nggak pantes deh tuh pohon jadi yg tertua... soalnya cungkring...

jetra December 14, 2008 at 2:48 PM  

aku lebih mengagumi pohon yg di atas.. guede banget ya... buat talenan enak banget tuh..

tisca December 14, 2008 at 2:49 PM  

ternyata cemara bisa sampai ribuan tahun umurnya..

Sulae December 14, 2008 at 3:48 PM  

Hmmm rasanya diri ini masih tidak percaya jikalau pohon yang tampak kurus kering itu udah berumur ribuan tahun....

Kalo pohon yg gede di atasnya hmmm bisa jadi beta percaya... wkwkwkw

sandy December 14, 2008 at 4:41 PM  

wedew gilak tua amat yah?
brapa abad tuh?

tikno December 14, 2008 at 7:40 PM  

Posting yang informatif. Makasih sudah saling berbagi.

ipanks December 15, 2008 at 3:09 PM  

gile benerrr setua itu umur pohonnya?hmm kerennn

Nyante Aza Lae December 16, 2008 at 9:29 AM  

klo pohon mpe tua kek gitu...yg nanamnya pasti tua juga yahh??..he..he

Nafi' Akautsar P. December 16, 2008 at 3:43 PM  

yang nanem pohon itu tua gak yah ? apa masih muda ya ?

Awards

Award dari SeptianPhotobucket
Award dari Judith dan LylaPhotobucket
Award dari Lyla dan MemmiPhotobucket
Tag Persahabatan dari Lyla dan JudithPhotobucket
Award dari HellenPhotobucket
Award dari GratciaPhotobucket
Award dari Sari RapetPhotobucket
Award dari EndonezyaPhotobucket
Award dari Astri AstronotPhotobucket

Friend's Banner

  © Blogger template 'Neuronic' by Kios Info 2008

Back to TOP